Jurusan dengan Prospek Kerja Bagus

college-proffesions

Salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja setelah lulus. Apakah menjadi sarjana suatu bidang dapat membuat Anda mudah mencari pekerjaan ataukan tidak. Jika sampai saat ini Anda masih sulit mendapatkan pekerjaan, mungkin salah satu faktornya adalah jurusan yang Anda pilih pada saat kuliah.

Express Employment Professional melakukan survey terhadap 115 perusahaan di Amerika mengenai jurusan yang dapat membuat seseorang mudah untuk rekrut nantinya. Berdasarkan hasil survey tersebut ditemukan bahwa lulusan jurusan bisnis memiliki kemungkinan direkrut sebesar 27%.

“Seseorang lulusan jurusan bisnis adalah lulusan terbaik yang bisa untuk direkrut,” ungkap Bob Funk, selaku CEO Expresss dan former Chairman  Federal Reserve Bank of Kansas City. Diikuti dengan lulusan jurusan teknik (20%), akuntansi (14%), keperawatan (6%) dan komputer dan IT (5%).

Sedangkan yang termasuk ke dalam kategori sulit direkrut yakni lulusan dari jurusan matematikan dan statistik (1%), ilmu pengetahuan alam (1%), komunikasi dan keuangan masing-masing 0%.

“Kami cukup terkejut bahwa sektor IT termasuk ke dalam kategori rendah,” ungkap Funk. Menurutnya, dalam dunia bisnis hanya sedikit lulusan IT yang memenuhi kualifikasi dan kurangnya kebutuhan untuk merekrut. Jurusan keuangan juga termasuk ke dalam kateogir rendah, karena kebanyakan bisnis memiliki preferensi bukan dari Wall Street.

Jika jurusan Anda termasuk ke dalam diagram di bawah, Anda tidak perlu berkecil hati. Anda bisa mengembangkan kemampuan lain yang menjadi nilai plus Anda di mata rekruter. Atau Anda bisa mencoba magang untuk mendapatkan pengalaman mengenai dunia kerja. Karena sebaik-baiknya pelajaran adalah dari pengalaman.

college-proffesions

Tags: , ,