JobStreet Luncurkan 3 Fitur Baru Untuk Tingkatkan Job Matching

faridahLim Jobstreet

faridahLim Jobstreet

 

Walaupun banyak lowongan yang dibuka perusahaan, namun kenyataannya pengangguran masih banyak. Selain itu jumlah pelamar pekerjaan terus meningkat. Jobstreet.com, situs untuk pencari kerja menemukan bahwa banyak pelamar yang melamar pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan kriteria dari perusahaan.

“Hal ini kemudian menyebabkan tingginya angka no show, ketidakhadiran pelamar saat interview, karena pelamar tidak mendapatkan informasi yang cukup lengkap mengenai perusahaan yang akan mereka masuki,” ungkap Wibisono, Head of Marketing JobStreet Indonesia Kamis (6/2) di Nutz Culture dalam acara Press Conference JobStreet.com.

Karena itulah di tahun 2014 ini Jobstreet mengubah tampilan web mereka dengan menambahkan tiga fitur baru. Selain tingginya angka no show pada saat interview, sebanyak 250.000 pelamar yang mempergunakan media online dalam mencari pekerjaan  pun menjadi latar belakang JobStreet mengubah tampilan website mereka.

Dari sekian ribu pelamar online tersebut, tidak semua cocok dengan suatu kriteria pekerjaan. Ada kalanya pelamar main asal melamar pada suatu pekerjaan padahal pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan kriteria dirinya.

Fitur baru yang diluncurkan adalah Personalized Page, Salary Matching, dan Rich Job Ads. Melalui fitur Personalized Page lowongan yang tampil pada halaman si pelamar akan sesuai dengan kriteria si pelamar.

Melalui fitur Salary Matching, pelamar dapat memasukkan range gaji yang mereka harapkan dan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan itu pun akan tampil.

“Kerap kali pelamar tidak mengetahui berapa gaji yang akan mereka dapatkan,” ungkap Wibisono menjelaskan latar belakang fitur Salary Matching tersebut.

Latar belakang perusahaan, informasi lengkap mengenai perusahaan pun menjadi permasalahan yang ingin dibenahi JobStreet.com. Melalui fitur Rich Job Ads, pelamar dapat mengetahui tidak hanya sekedar visi dan misi perusahaan, namun lokasi kantor, foto bangunan kantor bahkan sampai iklim kerja di perusahaan tersebut pun dapat diketahui.

“Selain itu, perusahaan juga mendapatkan kandidat yang sesuai dengan keinginan mereka,” tutup Wibisono. (*/@aindahf)

Foto: Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim

Tags: , ,