Jobstreet.com, Lahirkan “Company Review” di Usianya yang Ke-10

10 th Jobstreet

Tak kenal maka tak sayang, begitulah pameo yang kerap muncul ketika seseorang bertemu dengan orang atau kelompok baru. Hal yang sama berlaku bagi perusahaan baru yang ingin kita masuki. Semakin mengenal sebuah perusahaan, semakin yakin kita untuk masuk atau bahkan meninggalkannya. Memfasilitasi keingintahuan pencari kerja akan informasi yang lengkap dan transparan tentang perusahaan, Jobstreet menyuguhkan “company review” yang langsung ditulis oleh karyawan maupun mantan karyawan perusahaan tertentu.

10 th Jobstreet

“Intinya, tidak sembarang orang boleh menulis review. Hanya mereka yang memiliki akun di Jobstreet dan pernah atau sedang bekerja di perusahaan yang sedang direview saja yang boleh menuliskan komentarnya,” ungkap Faridah Lim, Country Manager Jobstreet.com Indonesia.

Dengan pembatasan tersebut pihak perusahaan berharap bahwa review tersebut benar-benar akurat dan dapat dijadikan referensi terpercaya. Selain dengan membatasi penulisnya, situs pencarian lowongan kerja yang sudah memiliki 4 juta database pencari kerja tersebut juga melakukan dua kali filter demi kenyamanan, baik pembaca maupun perusahaan yang sedang direview.

Baca juga: Jobstreet Luncurkan 3 Fitur Baru untuk Tingkatkan Job Matching

“Filter yang pertama adalah dengan menggunakan sistem. Artinya, apabila komentar mengandung kata-kata atau kalimat yang berbau SARA, secara otomatis akan menghilang dari kotak komentar. Selanjutnya, selain menggunakan sistem, jobstreet juga telah menyiapkan tim yang mengkurasi ulang review-review dari pemilik  akun jobstreet dengan mengeliminasi kalimat-kalimat yang personal, menghujat perorangan dan tidak relevan dengan perusahaan yang sedang direview,” Faridah menambahkan.

Tujuan utama dari dimunculkannya company review ini, menurut Jake Andrew, Chief Product Officer dari SEEK Asia (perusahaan induk dari Jobstreet.com, red) adalah memberikan transparansi informasi tentang sebuah perusahaan. Hal ini tidak hanya berguna bagi pencari kerja tetapi juga pemberi kerja.

“Pencari kerja akan mendapatkan informasi yang memadai dan transparan tentang perusahaan yang ingin dilamar. Sedangkan perusahaan selaku pemberi kerja juga dapat melakukan branding melalui fitur tersebut,” ungkapnya dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (20/05) lalu di Thamrin Nine, Jakarta.

Baca juga: Website Jobstreet HadirDalam Bahasa Indonesia

Informasi lengkap dan akurat tentang perusahaan-perusahaan ini dinilai sangat penting untuk memfasilitasi generasi milenial (generasi Y) yang memiliki kecenderungan untuk pindah-pindah kerja. Alasan mereka berpindah tempat kerja di antaranya adalah kurangnya informasi tentang perusahaan yang mereka minati. Pada akhirnya, ekspektasi mereka tidak selaras dengan kenyataan. Sehingga, jalan paling mudah untuk mereka ambil adalah mencari kesempatan kerja di organisasi lain.

Peluncuran fitur terbaru “company review” ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan oleh Jobstreet. Selama sepuluh tahun menguasai pasar situs pencarian kerja online, Jobstreet telah melakukan beberapa inovasi antara lain merangkul 50,000 perusahaan berkualitas, membuka lima kantor cabang, dan juga tergabung dengan SEEK Asia sebuah situs penyedia informasi tenaga kerja jaringan internasional. (*)