Ini Pertimbangan Utama Warren Buffett Saat Rekrut Karyawan

Warren Buffett

Ketika mencari seorang eksekutif untuk perusahaannya, Warren Buffett, chairman and CEO Berkshire Hathaway, mengevaluasi kecerdasan dan motivasi para kandidat. Meskipun begitu, dalam sebuah diskusi di Ivey Business School, ia mengatakan bahwa ada satu hal penting tak terlupakan yang menjadi pertimbangannya saat merekrut karyawan, yakni karakter.

Warren Buffett

“Saya tahu orang-orang seperti apa yang akan berkinerja sangat bagus dalam mengelola investasi, tetapi jika saya harus memilihkan suami untuk putri saya, ia akan menjadi orang terakhir yang saya pilih,” ungkap Warren.  Dengan kalimat tersebut ia ingin mengatakan bahwa mungkin saja seseorang bisa sangat bagus kinerjanya, tetapi tidak tepat untuk bekerja di Berkshire.

Ketika ingin merekrut seseorang, kita perlu mempertimbangkan bahwa kita suka dan nyaman dengan orang tersebut.

(Sumber image: en.wikipedia.org)

 

Baca juga: Hal yang Sering Dilupakan HR Manager saat Proses Rekrutmen

“Pertama-tama, Anda harus menyukai orang tersebut, merasa nyaman berada di tengah-tengah mereka, seperti layaknya teman atau keluarga,” ujar Warren lagi sambil melanjutkan, “Jika kita merasa nyaman, itu berarti mereka memiliki karakter yang kita sukai dan itu artinya mereka bisa kita arahkan kepada misi yang memang kita tetapkan dalam bisnis. Orang-orang ini dapat menjadi representasi dari orang seperti apa kita ingin menjadi dan bahkan bisa lebih baik dari kita sendiri.”

Prinsip ini sama seperti yang ia gunakan ketika memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain. Semua pimpinan yang ia pertimbangkan untuk menjadi mitra bisnis adalah mereka yang sesuai dengan standard intelektual, energi dan integritas.

“Anda bisa menilai seseorang dari kecerdasan dan tingkah lakunya, tetapi tetaplah menganggap mereka sebagai manusia yang tak terlepas sisi humanisnya,” jelas Warren seperti dikutip dari businessinsider.co.id

Warren menandaskan bahwa kita selayaknya merekrut orang-orang yang sesuai dengan value perusahaan, “Orang-orang seperti itu akan menyelesaikan 10 tugas untuk satu tugas yang kita berikan.” (*)

Tags: , , , , , , , , , , ,