Ini Cara Unilever Mendapatkan Karyawan Inovatif

Inovasi dan kreativitas tidak hanya diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di industri kreatif. Perusahaan raksasa yang bergerak di bidang toiletris dan F&B sekelas Unilever juga perlu inovasi untuk memenangkan berkompetisi.

Pada acara paparan publik 2014 yang digelar di Hotel Mulia Senayan, Rabu (4/6) lalu, Maurits Lalisang, Presiden Direktur Unilever Indonesia mengungkapkan bahwa untuk dapat berkembang dan bertahan dalam kompetisi, Unilever meluncurkan sebuah program 4G, yang dijabarkan menjadi Grow Consistency, Grow Competitively, Grow Profitably, dan Grow Responsibly.

Untuk mewujudkan keempat hal tersebut, perusahaan memerlukan karyawan yang mampu berinovasi, baik itu dari segi produk, marketing maupun aspek-aspek lain.

Lalu, bagaimana Departemen Human Resource (HR) Unilever Indonesia mendapatkan karyawan yang mampu berinovasi? Enny Sampurno, Direktur HRD dari Unilever Indonesia mengungkapkan bahwa perusahaan telah menyiapkan program baik itu untuk karyawan maupun calon karyawan Unilever.

Baca juga: Google, Apple, Unilever, Perusahaan Paling Diminati Karyawan

Yang pertama adalah memasukkan inovasi dalam etos kerja Unilever, salah satu realisasinya adalah dengan memberikan tantangan bagi karyawan untuk menyampaikan idenya tentang pengembangan produk Unilever.

Program kedua dari penciptaan karyawan yang inovatif ini juga dengan mengapresiasi karyawan internal dengan memberikan penghargaan the inspiring unit leader. Tak hanya itu, Unilever juga memastikan bahwa perusahaan memiliki karyawan kualifikasi global, dengan melakukan rotasi pada karyawan, khususnya mereka yang telah disiapkan untuk menjadi manajer.

Unilever paham betul bahwa ia memerlukan calon karyawan yang memang mumpuni serta kompatibel dengan inovasi yang tengah diusung perusahaan. Untuk itu, ia menciptakan sebuah “employee branding program”.

Manifestasi dari program ini adalah kerjasama perusahaan dengan universitas bonafid di Indonesia. Kerja sama tersebut di antaranya adalah Future Leader League, sebuah kompetisi bisnis yang diikuti oleh mahasiswa di seluruh Indonesia dan juga seluruh jajaran direksi Unilever akan mendatangi kampus-kampus ternama di Indonesia untuk memperkenalkan dan menarik perhatian talent terbaik di kampus tersebut.

Terlebih lagi Unilever mempunyai tawaran yang cukup menarik bagi para generasi milenial yang nantinya masuk ke Unilever. “Untuk generasi milenial, saat ini kami ada program flexi-working time. Jadi mereka boleh bekerja di mana saja dan kapan saja asalkan target yang ditetapkan oleh perusahaan bisa terpenuhi” ungkap Enny Sampurno.

Baca juga: 3 Hal agar Perusahaan Sukses Berinovasi

Tags: , ,