Ini 6 Sifat Yang Harus Dimiliki Perekrut Handal

Keahlian yang dimiliki seorang perekut kadang tidak dipersiapkan dengan matang oleh perusahaan. Tidak jarang kita temukan beberapa perekrut yang hanya menunggu resume pelamar di depan layar laptop. Dan mereka membiarkan perusahaan merugi karena karyawan baru yang diterima tidak sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda benar-benar ingin sukses dalam industri merekrut latihlah diri Anda terlebih dahulu sebelum kandidat berdatangan.

Berikut ini 6 sifat yang seharusnya dimiliki seorang perekrut menurut Business Insider :

1. Mengetahui produk terbaik Anda

Jika Anda benar-benar menguasai produk Anda maka proses perekrutan akan lebih mudah untuk dilalui. Oleh sebab itu penuhi dulu semua pengetahuan mengenai perusahaan tempat Anda bekerja. Setelah itu pelajari baik-baik jabatan atau posisi yang sedang dicari, apa saja persyaratan menjadi kandidat terpilih, keuntungan bagi pelamar dan jenjang karir mereka. Dan yang terpenting ketahui budaya perusahaan.

Gunakan waktu Anda sebaik  mungin untuk bisa menjadi perekrut yang tidak salah langkah. Karena setiap keputusan yang Anda ambil, hasilnya akan berpengaruh ke semua lini di dalam perusahaan.

2. Punya kekuatan untuk mempengaruhi

Seorang perekrut sekaligus menjadi humas atau sales bagi perusahaan mereka. Mengapa? karena pada saat proses perekrutan Anda membutuhkan keterampilan membujuk kandidat terpilih untuk akhirnya bisa tertarik dengan perusahaan Anda. Seorang top talent biasanya sedang mendapat tekanan dari beberapa pihak dalam mengambil sebuah keputusan. Tugas seorang perekrut lah untuk bisa membuat tawaran pekerjaan tersebut menjadi lebih manis dan mudah untuk diterima.

3. Baik dalam membangun koneksi

Perekrut yang baik bukan hanya mengenal calon kandidat yang baru datang kemarin atau bulan ini. Mereka mengingat orang-orang terbaik yang pernah dikenalnya, walaupun itu sudah setahun yang lalu. Bukan hal yang buruk jika Anda juga masih berhubungan baik dengan mereka. Membangun koneksi dengan sesama perekrut juga bisa membuat pekerjaan Anda lebih dipermudah.

4. Approachable dan ramah

Jika Anda tidak suka berjabat tangan, beramah-tamah, membangun networking, dan ‘merayu’, maka Anda salah profesi. Perekrut adalah orang yang akan bertemu dengan kandidat dalam setiap waktu. Anda yang akan terus menerus mencari tahu dan berusaha menemukan kandidat yang cocok. Bisa Anda bayangkan jika seorang perekrut alergi untuk tersenyum, kondisi perekrutan tentu akan berjalan membosankan.

5. Well-connected

Baik itu LinkedIn, Facebook, Twitter, Google+ dan jaringan sosial lain. Ataupun terlibat dalam webinar, confrences, online messenger dan juga offline, seorang perekrut harus bisa terkoneksi dengan baik. Jika Anda menguasai platform sosial dan teknologi komunikasi dengan baik maka Anda akan terhubung dengan banyak orang. Bahkan Anda akan terhubung dengan orang yang mungkin Anda sendiri tidak mengenalnya. Jangan sia-siakan jaringan sosial Anda tersebut.

6. Memiliki semangat yang tinggi

Tidak ada kata ‘menyerah’ bagi perekrut. Mereka yang handal akan selalu ‘agresif’ dan aktif dalam mengejar kandidat. Perekrut tidak bekerja dengan standard 9-5 akhir-akhir ini. Anda akan selalu bergairah untuk menganalisa talent, berpikir dan meneliti mereka. Yang terpenting Anda harus terhubung secepatnya.

Beberapa perekrut handal telah terlahir dengan kelebihannya, namun kita bisa mempelajarinya. Apalagi kita masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki skils yang kita punya. Dengan 6 sifat di atas Anda bisa bergerak naik dalam karir perekrutan Anda, selamat menjadi perekrut handal.

 

Tags: , , ,