Ingin Ganti Pekerjaan di Usia 40-an, Ikuti 4 Tips Ini

hiring

Jika Anda berpikir untuk berganti pekerjaan di usia 40-an, 50-an atau bahkan 60-an, pesaing mungkin menjadi semakin ketat. Anda harus bersaing dengan kandidat yang lebih muda, bertalenta dan juga berpengalaman.

hiring

(Sumber image: pixabay.com)

Untuk membuat Anda menjadi kandidat yang kompetitif, berikut ini ada 4 (empat) cara yang dapat dilakukan seperti dilansir dari forbes.com.

1. Bangun Eksistensi Online yang Kuat.

Jika ingin ditemukan secara online dengan mudah, sempatkan waktu untuk memperkenalkan diri melalui media sosial atau situs lowongan kerja online. Dari berbagai jenis media sosial yang tersedia, salah satu yang dapat membantu adalah LinkedIn karena memungkinkan kita menjalin hubungan professional dengan orang lain. Sebuah studi bahkan mengatakan bahwa 92% pemberri kerja menggunakan LinkedIn untuk mencari kandidat.

Baca juga: Menyontek Strategi PR untuk Mencari Kerja

Sebuah profil media sosial yang detail merupakan sarana yang bagus untuk mendukung CV yang Anda miliki. Hal ini akan memberikan gambaran bagi pemberi kerja tentang siapa diri Anda secara personal, sehingga menjadikan Anda sebagai kandidat yang atraktif. Selain keuntungan tersebut, Anda juga akan mendapatkan eksposure yang lebih luas pada peluang yang ada di pasar lowongan kerja.

2. Miliki Keterampilan Baru.

Hampir semua pencari kerja mengenal operasi program Microsoft Word. Untuk menjadi lebih menonjol dari jutaan kandidat lainnya, Anda perlu menambah keterampilan Anda, dalam hal bidang komputer misalnya. Jadi tidak ada salahnya seandainya Anda kemudian mempelajari Microsof Excell atau Microsof Powerpoint.

Sebagian besar perusahaan menggunakan Microsof Excell untuk mengolah data, terutama yang memerlukan tabel atau angka. Sedangkan Microsof Powerpoint sangat berguna ketika kita hendak melakukan presentasi. Selain itu, dengan memanfaatkan Microsof Powerpoint, sebetulnya kita dapat membuat CV kita menjadi lebih dinamis dan eye-catching. Oleh karena itu, kandidat yang menguasai kedua software tersebut akan mendapatkan nilai tambah di mata perekrut.

Baca juga: Ketika Teman Curhat tentang Sulit Mencari Kerja Sampaikan 5 Nasihat Ini

Selain kedua software tersebut, kita juga bisa mempelajari software yang berbasis internet seperti Google Drive dan sejenisnya. Google Drive adalah program yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi dokumen dengan ukuran yang besar. Program ini pun sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan.

3. Pastikan Bahwa Anda memiliki Credit Report yang Baik.

Yang dimaksud Credit Report di sini adalah laporan hutang/pinjaman misalnya pinjaman ke perusahaan lama atau ke bank serta pembayaran ke pihak manapun. Usahakan agar Anda memiliki laporan lengkap yang menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang kredibel ketika meminjam uang atau mempergunakan credit card.

4. Pertimbangkan Kerja Freelance.

Saat ini, jenis pekerjaan sudah semakin terfragmentasi dan hal ini justru menguntungkan Anda. Anda tak perlu lagi hanya mengabdi pada satu jenis pekerjaan tetapi bisa lebih fleksibel dengan mengambil kesempatan part-time/freelance. Dalam masa freelance economy seperti saat ini, kehadiran kita di dunia online melalui berbagai media sosial sangat dibutuhkan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Profil media sosial Anda bahkan dapat dimanfaatkan sebagai online data portofolio jika sewaktu-waktu diperlukan. (*)

Tags: , , , , , , , , , , ,