Ingat, Jangan Membawa Ibu Saat Interview

Ketika melamar kerja atau mengikuti seleksi kerja, biasanya kita ingin menjadi seseorang yang outstanding, menonjol dan berbeda dari kandidat lainnya. Tetapi, tak semua perbedaan itu baik. Beberapa hal konyol dilakukan oleh pencari kerja yang berujung pada kegagalan mereka mendapat pekerjaan.

Seperti dirangkum dari Ask Reddit, dalam tautan yang berjudul , “Employers of Reddit, what’s the strangest reason you’ve had for not hiring someone?”, beberapa alasan konyol justru menghambat pelamar untuk mendapat kerja. Kekonyolan tersebut mulai dari membawa ibunya ke ruang interview hingga menjawab pertanyaan sambil menghisap jempol.

Menurut pengalaman dari karyawan-karyawan Reddit, sebuah perusahaan social media platform dan portal berita, berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi pelajaran berharga bagi para pelamar kerja:

1. Jangan Membawa Ibu saat Interview

Ketika Reddit sedang membutuhkan banyak karyawan, pihak perekrut harus menghadapai ratusan interview dengan pelamar kerja. Pada hari pertama, banyak sekali kandidat yang tidak berkualitas sehingga membuat frustasi perekrut. Hingga pada akhirnya masuklah seorang kandidat dengan kriteria sesuai keinginan perusahaan. CV-nya mengesankan, berpakaian bagus dan bahkan si interviewer sudah berniat akan menawarkan posisi supervisor.  Lalu, tibalah saatnya negosiasi gaji. Si pelamar meminta izin keluar sebentar dan setengah menit kemudian kembali dengan membawa ibunya. Ia meminta ibunya untuk bernegosiasi. Tanpa berpikir dua kali, perekrut segera menyisihkan kandidat tersebut dari persaingan.

Baca juga: Kesan terbaik, kunci sukses wawancara kerja

2. Posisikan diri Anda sebagai interviewer

Dalam tautan, seorang perekrut menceritakan, “waktu itu, pelamar diberi minum oleh resepsionis ketika menunggu waktu interview. Nah, ketika masuk ke ruang interview, ia menghabiskan dua atau tiga menit pertama untuk memberitahukan bahwa sebaiknya perusahaan mengganti soda yang diberikan kepada tamu dengan sirup atau sejenisnya dengan alasan agar konsumennya sehat. Kita sebenarnya memiliki dua opsi, air berkarbonasi dan air biasa. Tapi bagaimanapun juga, kami bukan restoran dan saya tidak terlalu peduli apakah tamu saya minum alkohol atau bukan. Yang terpenting adalah dia sehat dengan kesadaran penuh”

 

Untuk selanjutnya, ia memutuskan untuk tidak menerima orang tersebut karena tingkah lakunya memubuat ia berpikir bahwa kandidat tersebut akan melibatkan kepentingan pribadi dalam mengambil keputusan-keputusan yang menyangkut kepentingan seluruh perusahaan.

3. Milikilah alamat email professional

Seorang karyawan Reddit mengatakan bahwa ia pernah tidak meloloskan kandidat karena alamat emailnya. Dalam sebuah penerimaan karyawan baru yang ia lakukan, ia menemukan kandidat yang menurutnya sangat berkualitas. Memiliki pengalaman yang sesuai dan bahkan ia pernah masuk ke militer. Jadi perkiraannya, ia pastilah orang disiplin, tidak ada alasan unutk tidak memperkerjakannya. Keputusan itu segera berubah saat ia hendak mengirim email ke kandidat tersebut dan mendapati alamat emailnya adalah kickyourass@gmail.com.

4. Bertingkahlah seperti orang dewasa

Suatu ketika, si perekrut mendatangi sebuah job fair di kampus dan menawarkan posisi magang untuk perusahaannya. Pada saat itu, datanglah seorang gadis muda memberikan CV-nya. Si perekrut pun lalu menunduk mempelajari CV tersebut. Namun, ketika ia kembali mendongak ke atas, dilihatnya kandidat sedang menghisap jempol tangannya. Pun ketika ditanya tentang jurusan, pengalaman kerja/organisasi dan ketersediaan, ia masih menjawabnya sambil menghisap jempol.

5. Hati-hati ketika memilih orang sebagai rujukan (referensi)

Dalam sebuah job fair, ada seorang pria mendatangi booth dan berkata kepada manajer di booth tersebut untuk meletakkan CV-nya. Semuanya terlihat begitu menjanjikan hingga ia menceritakan bahwa ia memiliki teman yang juga bekerja untuk perusahaan perekrut. Tanpa sepengetahuan kandidat tersebut, si manajer ternyata sangat tidak suka dengan orang yang disebut olehnya. Secepat setelah pelamar pergi, si manajer segera mencampakkan CV –nya.

6. Rapikanlah konten website Anda

 

“Kandidat tersebut menyantumkan link website dalam CV-nya yang kita langsung buka. Begitu kita melihat pada kolom “hal yang tidak disukai”, nama perusahaan kami terdaftar di bawah tulisan tersebut”, demikian cerita seorang perekrut dari Reddit.

Baca juga: 4 Jenis Pencari Kerja yang Menyebalkan

Tags: ,