Infografik: Apa yang Harus Dilakukan Sebelum, Saat dan Setelah Wawancara?

1313175445-Interview-Ettiquette-Rasmussen

Ketika Anda dipanggil untuk wawancara, Anda akan merasa excited. Mempersiapkan diri Anda, mencari pakaian yang pantas untuk dikenakan, mencari tahu tentang perusahaan yang akan Anda masuki, dan sebagainya. Namun adakalanya rasa excited itu lama-lama memudar dan Anda menjadi bingung akan melakukan apa. Anda mulai merasa tegang dan merasa bahwa apa yang Anda persiapkan tidaklah cukup. The Muse memberikan pemaparannya untuk Anda terkait apa yang harus Anda lakukan sebelum, ketika dan setelah wawancara dalam infografik di bawah ini.

Sebelum Wawancara

Sebelum Anda melakukan wawancara, pastikan Anda sudah melakukan riset kecil-kecilan pada perusahaan yang akan Anda masuki. Sekedar mencari lokasi perusahaan, visi dan misi perusahaan atau budaya dalam perusahaan mungkin tidaklah sulit berkat kemajuan teknologi. Lalu persiapkan resume Anda dan hal lain yang akan Anda bawa pada saat proses wawancara. Datanglah tepat waktu, pikirkan semua kemungkinan terburuk dan jalanan yang macet bukanlah alasan yang cukup baik atas keterlambatan Anda. Dan pastikan bahwa handphone Anda dalam kondisi mati.

Saat Wawancara

Jabatlah tangan pewawancara Anda secara formal, jangan terlalu keras. Ketika ditanya hal yang sifatnya basa-basi, jawablah dengan baik. Ini untuk memastikan bahwa komunikasi yang terjadi adalah komunikasi dua arah. Perhatikan postur badan Anda, jangan melipat kaki Anda ataupun bersandar terlalu santai. Body language adalah hal yang penting saat wawancara, maka dari itu perhatikanlah dengan baik. Jangan lupa untuk tersenyum dan berbicara dengan bahasa yang sopan. Perhatikan manner Anda. Usahakan untuk tidak langsung membahas mengenai gaji, tunggulah sampai akhir atau ketika sudah setengah berjalan.

Setelah Wawancara

Selalu kirimkan ucapan terima kasih setiap Anda selesai wawancara. Format ucapannya bisa berbeda setiap perusahannya namun jika ditulis tangan akan lebih baik. Sebaik ataupun seburuk apapun wawancara Anda, jangan coba-coba untuk menuliskannya pada status akun jejaring sosial Anda. Bisa saja yang mewawancarai Anda memantau Anda lewat jejaring sosial yang Anda miliki.

Baca juga: Follow up Setelah Wawancara Kerja

1313175445-Interview-Ettiquette-RasmussenBaca juga: Menyikapi isu gaji dalam wawancara kerja

 

Tags: , , ,