Infografik: 10 Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

important-work-skills

Dunia pekerjaan terus mengalami perubahan. Manusia mulai memiliki usia hidup yang lebih panjang, munculnya berbagai macam teknologi dan kita semakin terhubung secara global. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan yang kita miliki saat ini bisa saja tidak lagi dibutuhkan pada masa yang akan datang.

Pada tahun 2020 nanti, diperkirakan bahwa usia hidup manusia akan semakin panjang, terciptanya sistem dan mesin yang akan menggantikan pekerjaan yang sifatnya repetitif, komputasional yang semakin canggih, media komunikasi yang semakin berkembang, organisasi yang semakin besar dan semakin terhubungnya setiap manusia secara global. Perkiraan ini membuat kita, sebagai manusia, perlu untuk mengembangkan skill agar dapat tetap bertahan pada masa yang akan datang.

Kemampuan sense making, dibutuhkan untuk memahami makna yang lebih dalam atas apa yang diekspresikan. Kemampuan social intelligence, dibutuhkan untuk mampu terhubung dengan orang lain secara dalam dan langsung, untuk merasakan dan menstimulasi reaksi dan interaksi yang diharapkan. Kemampuan virtual collaboration, dibutuhkan untuk mampu untuk bekerja secara efektif, memiliki keterikatan dan benar-benar hadir sebagai anggota tim dalam bentuk virtual. Hal ini merupakan sebagian kecil skill yang dibutuhkan untuk menghadapi masa yang akan datang. The Muse memberikan pemaparannya mengenai skill apa yang perlu dipelajari untuk tetap bisa bertahan di dunia kerja pada masa yang akan datang dalam infografik di bawah ini.

Baca juga: 4 Skill Penting tahun 2013

important-work-skills

Baca juga: HR Profesional harus terbiasa dengan social media skill

 

Tags: