[Infografik] 10 Posisi ini Belum Ada 5 Tahun Yang Lalu

linkedin infographic

Dunia pekerjaan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu begitu pula dengan posisi pekerjaan. Karena kita baru memasuki tahun 2014, tidak ada salahnya kita mencari tahu sejauh mana jenis pekerjaan sudah berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Linkedin melakukan analisis terhadap 259 juta profil penggunanya, untuk mengetahui 10 posisi pekerjaan paling populer dan baru muncul sesudah tahun 2008. Ini adalah hasil dari analisis tersebut disusun berdasarkan peringkat:

1. IOS Developer

2. Android Developer

3. Zumba Instructor

4. Social Media Intern

5. Data Scientist

6. UI/UX Designer

7. Big Data Architect

8. Beachbody Coach

9. Cloud Services Specialist

10. Digital Marketing Specialist

Data tersebut didapat melalui metode: menghitung frekuensi kemunculan kata bahasa Inggris dan frasa yang digunakan dalam jenis pekerjaan yang ada di tahun 2013 dan dibandingkan dengan jenis pekerjaan pada tahun 2008. “Big data” dan “cloud services” adalah kata-kata yang digunakan untuk menentukan seberapa besar jumlah kemunculan dari posisi pekerjaan Big Data Architect dan Cloud Services Manager. Simak infografik di bawah untuk daftar selengkapnya.

Teknologi dan fitness merupakan industri yang paling populer. Meskipun beberapa orang beranggapan bahwa pekerjaan di bidang fitness hanya populer untuk sesaat, namun kesimpulan di atas diambil berdasarkan data yang ada. Hasil analisis juga menemukan adanya posisi di bidang fitness yang disebut Holistic Health Coach (“Pelatih Kesehatan Holistik”), dan di bidang teknologi yang disebut Backend Developer (“Pengembang Sistem Backend.”)

Jadi apa yang akan terjadi di masa depan? Posisi-posisi di atas merupakan cerminan dari bagaimana para pengguna LinkedIn mendefinisikan pekerjaan pada saat ini. Beberapa pekerjaan tersebut tidak semuanya pekerjaan baru, namun kombinasi dari bebeapa skill atau pekerjaan yang sudah menghilang dan kemudian berganti nama.

Besar kemungkinan bahwa jenis pekerjaan tertentu akan menjadi populer di masa yang akan datang juga akan mengalami hal yang sama; pertimbangkan hal ini dalam proses pencarian kandidat Anda. (*/@aindahf)

linkedin infographic

Tags: , ,