Hal yang Sering Dilupakan HR Manager Saat Proses Rekrutmen

Berdasarkan riset terbaru ditemukan bahwa enam dari 10 orang (64%) HR manager mengakui bahwa mereka telah salah menginterpretasikan kandidat dengan iklim kerja perusahaan mereka. Di luar faktor lain seperti kemampuan, sikap dan kepribadian, iklim kerja juga berperan sangat penting dalam menentukan bagaimana kandidat dapat beradaptasi pada iklim kerja perusahaan.

Riset ini dilakukan oleh OfficeTeam, sebuah konsultan rekrutmen di Amerika Serikat, terhadap 300 orang HR manager dari berbagai perusahaan di Amerika Serikat. Sebanyak 66% responden menyatakan bahwa perusahaan mereka kerap kali kehilangan pekerjanya karena tidak mampu beradaptasi dengan iklim kerja perusahaan.

Baca juga: Rekrutmen Ala Speed Dating

Dalam riset ini para responden diminta untuk menjawab seperti sejauh mana mereka setuju ataupun tidak setuju pada pernyataan, “Setidaknya saya pernah salah mengira bahwa salah satu kandidat cocok dengan iklim kerja perusahaan saya.” 47% setuju pada pernyataan ini, dan 17% bahkan sangat setuju.

Selain itu para responden juga diminta untuk menjawab sejauh mana mereka setuju ataupun tidak setuju pada pernyataan, “Perusahaan saya pernah kehilangan karyawannya karena ia tidak cocok dengan iklim kerja perusahaan.” 21% menjawab sangat setuju dan 45% setuju.

“Terkadang perusahaan terlalu fokus pada kemampuan yang dimiliki kandidat saat proses rekrutmen. Padahal kemampuan untuk mampu beradaptasi dengan iklim kerja perusahaan adalah hal yang penting juga,” ungkap Robert Hosking, selaku direktur eksekutif OfficeTeam. “Antara hiring manager dan kandidat sebenarnya dapat saling bertanya selama proses interview untuk mencari tahu apakah ia akan mampu untuk beradaptasi dengan iklim kerja perusahaan ataukah tidak,” tambah Hosking.

Baca juga: 5 Tren Rekrutmen yang Perlu Anda Ketahui

Tags: ,