Hak-hak Klien Terhadap Head Hunter

I. Perusahaan pencari eksekutif akan memberikan asesmen yang akurat dan mendalam tentang kemampuannya untuk keberhasilan proses pencarian.

Sebelum menyetujui setiap proses pencarian, firma pencari eksekutif seyogyanya:

  • Memeriksa kesiapan sumberdaya, waktu, pengetahuan, dan keahlian untuk menangani penugasan tertentu.
  • Membuka seluruh informasi terkait dengan hubungan atau keadaan yang mungkin menciptakan konflik kepentingan yang nyata ataupun potensial untuk terjadi.
  • Menjelaskan keterbatasan yang muncul dalam memberikan layanan kepada klien lain yang mempengaruhi kemampuannya untuk sukses menjalankan tugas pencarian.
  • Definisikan bagian mana dari klien yang menyetujui proses pencarian (seperti anak perusahaan, divisi, departemen, dan lain-lain), sehingga pada periode tersebut perusahaan pencari eksekutif tidak mencari kandidat dari klien tertentu.
  • Definisikan lingkup dan karakter layanan yang akan diberikan dan fee serta biaya pengeluaran yang akan dikenakan.

Untuk keberhasilan proses pencarian, maka perusahaan harus memberikan deskripsi yang lengkap dan akurat tentang organisasi, kebutuhan bisnis dan budayanya, posisi yang harus diisi, dan kriteria Anda terhadap kandidat ideal. Bilamana firma pencari eksekutif tidak mampu menangani pe-nugasan yang Anda berikan, maka ia harus menjelas  kenapa, sekaligus memberikan rekomendasi ke firma lain yang lebih cocok

II. Firma pencari eksekutif akan menceritakan siapa yang akan melaksanakan pencarian

Sebagai tambahan terhadap konsultan yang selama ini berhubungan dengan klien, mungkin saja terdapat sebuah tim profesional yang akan menangani penugasan. Sangat mungkin bagi klien untuk meminta atau menerima semua penjelasan dari firma pencari eksekutif tersebut tentang para konsultan pencari.

III. Firma pencari eksekutif akan menyediakan hubungan konsultatif tingkat tinggi

“Retained executive search consulting” didefinisikan sebagai bentuk terspesialisasi dari konsultan manajemen yang menjalankan penugasan berdasarkan keterikatan secara eksklusif. Tugasnya adalah untuk membantu organisasi mendefinisikan posisi eksekutif, mengidentifikasi kandidat terbaik dan termotivasi, dan melakukan seleksi melalui proses pencarian yang komprehensif dan mutu terjamin.

IV. Firma pencari eksekutif akan menyimpan informasi Anda dengan sangat rahasia.

Keterbukaan informasi, termasuk informasi yang tergolong rahasia, dari klien di-haruskan untuk keberhasilan proses penca-rian eksekutif. Untuk itu, konsultan pencari harus menjamin bahwa dia akan:

  • Menggunakan informasi rahasia klien hanya untuk tujuan melakukan pencarian
  • Membuka informasi klien hanya kepada orang-orang di dalam firma pencari (orang yang mendukung konsultan dalam mencari eksekutif) atau kandidat potensial yang membutuhkan informasi
  • Tidak pernah menggunakan informasi rahasia untuk keuntungan pribadi atau memberikan informasi itu kepada pihak lain untuk keuntungan mereka

V. Firma pencari eksekutif akan mendemonstrasikan pemahaman yang jelas tentang posisi yang akan diisi, perusahaan, dan objektif dari pencarian

Klien harus meminta laporan dari konsultan yang berisi pemahamannya tentang:

  • Level hasrat Anda dan tipe pengalaman
  • Latar belakang, pendidikan, dan keahlian teknis yang dibutuhkan untuk  sukses menjalankan tugas di posisi tersebut
  • Tanggung jawab dari posisi tersebut
  • Berbagai keahlian antar pribadi yang dibutuhkan

VI. Firma pencari eksekutif akan menyerahkan kepada Anda laporan kemajuan proses pencarian secara reguler dan detil

Untuk terus mendapat informasi terbaru, firma pencari eksekutif harus terus memberikan laporan kemajuan (melalui telepon, fax, e-mail, laporan tertulis atau kombinasi semuanya), termasuk:

  • Perusahaan-perusahaan di mana konsultan berusaha mendapatkan kandidat yang dicari.
  • Respons pasar terhadap proses pencarian.
  • Hambatan dalam mengidentifikasi atau mendapatkan kandidat.
  • Kandidat-kandidat yang sedang digarap.

VII. Firma pencari eksekutif akan memberikan kandidat bermutu, yang sesuai dengan posisi dan kultur organisasi Anda

Konsultan seyogyanya memberikan kepada Anda sejumlah kandidat potensial, yang telah ditelaah dan diwawancarai secara mendalam. Adapun materi yang harus disampaikan kepada klien oleh konsultan sebagai berikut:

  • Tingkat pengalaman dan prestasi signifikan secara relatif terhadap posisi yang akan diisi.
  • Pendidikan dan latar belakangnya.
  • Kompetensi intelektual, antar pribadi, dan motivasi.
  • Kekuatan dan kelemahan diri terkait dengan posisi yang akan diisi.
  • Kesesuaian kultural.
  • Minat terhadap posisi tersebut.
  • Ekspektasi remunerasi dan finansial

VIII. Firma pencari eksekutif akan membantu Anda melakukan negosiasi dengan kandidat final, mewakili kedua belah pihak dengan keahlian, integritas, dan profesionalisme tingkat tinggi.

Sekali kandidat final terpilih, peran konsultan berubah dari agen pencari menjadi negosiator dan komunikator. Pada tahapan ini, tugas utama konsultan adalah membantu Anda membawa kandidat bergabung dalam perusahaan agar bertahan dengan sukses untuk jangka lama. Hal ini termasuk:

  • Bertindak sebagai penengah antara perusahaan dan kandidat menyangkut kompensasi, benefit, dan kondisi pekerjaan lainnya
  • Mendapatkan umpan balik tentang hal-hal yang menjadi pesan atau perhatian kandidat dalam menerima posisi tersebut
  • Membantu kandidat untuk menilai peluang
  • Membantu keduanya untuk menghasilkan kemenangan

IX. Firma pencari eksekutif akan memberikan kepada Anda pemahaman yang jelas tentang kebijakan penggantian kembali dan situasi yang tidak umum lainnya yang mungkin muncul selama dan setelah proses pencarian.

Perusahaan pencari eksekutif tidak bisa (dan seyogyanya tidak diharapkan untuk) menjamin mampu mendapatkan eksekutif yang dicari. Konsultan juga tidak bisa menjamin, sekali seseorang ditempatkan maka dia akan betah berada di perusahaan Anda. Berdasarkan pertimbangan hal tersebut, konsultan seyogyanya memberikan (secara tertulis) penjelasan tentang kebijakan firma mereka terkait dengan berbagai hasil yang didapatkan. Hal ini termasuk:

  • Beban dan tanggung jawab firma bilamana orang yang ditempatkan itu meninggalkan perusahaan dalam jangka waktu yang telah disepakati
  • Beban perusahaan terhadap firma pencari apakah Anda harus merekrut kandidat yang telah lama disampaikan selama proses pencarian di luar mereka yang sudah ditunjuk
  • Kondisi di mana firma pencari mundur dari penugasan atau memper-timbangkan untuk memulai pencarian baru

X. Firma pencari eksekutif akan memberikan kepada Anda tindak lanjut yang masuk akal setelah klien merekrut kandidat

Tanggung jawab konsultan tidak berakhir begitu kandidat menerima tawaran perusahaan. Konsultan seyogyanya terus menjaga komunikasi dengan eksekutif yang baru direkrut tersebut selama mungkin untuk menjamin proses transisi yang mulus dan membantunya memantapkan diri pada posisi baru. Lebih dari segalanya, konsultan seyogyanya memastikan bahwa Anda benar-benar sangat puas sebelum menyatakan proses pencarian telah sukses dan mengakhiri penugasan.

Perjuangkan Hak Anda
Pentingnya mengisi posisi dalam organisasi dengan kandidat berkualitas terbaik, maka Anda sebagai klien memiliki hak untuk mendapatkan kualitas layanan terbaik. Ingatlah, bekerja dengan retained executive search firm berarti perusahaan menjalin hubungan kemitraan.

Ambillah pendekatan proaktif dalam mengelola hubungan tersebut. Kerjakan tanggung jawab Anda dengan menyediakan informasi akurat terkait dengan posisi yang lowong dan kandidat ideal yang dicari, dan sebisanya semuanya dibuatkan secara tertulis.

Buatlah ekspektasi yang sangat jelas di depan terhadap bagaimana Anda dan konsultan pencari akan bekerja bersama-sama. Teruslah berkomunikasi hingga saat akhir dengan konsultan hingga penugasan ini benar-benar rampung dan memuaskan semua pihak.

Jika selama proses pencarian konsultan Anda kelihatan kurang mengerti tentang penugasan tersebut, gagal untuk memberikan umpan balik dan laporan kemajuan, gagal untuk mendapatkan kandidat yang bermutu…jangan diam saja.