Fresh Graduates Jangan Picky!

job-market

Pesan penting ini perlu diperhatikan oleh para pencari kerja, khususnya bagi mereka yang baru lulus sekolah maupun kuliah. Adalah Menteri Ketenagakerjaan Singapura, Lim Swee Say, memperingatkan para fresh graduates untuk tidak menjadi picky saat mencari kerja. Hal ini diungkapkan Lim saat menghadari acara yang diadakan oleh Young Sikh Association dan Sikh Centre yang diadakan di National Library Building (8/10/16).

job-market

Lim menyatakan bahwa ketika pasar kerja menurun, para fresh graduate tetap dapat mendapatkan pekerjaan. Asalkan mereka sabar, tekun dan mudah beradaptasi. “Anda hanya duduk manis menunggu pekerjaan, namun bagaimana jika pekerjaan tersebut tidak pernah datang? Apakah Anda hanya akan tetap duduk? Semakin lama Anda menganggur maka akan semakin lama pula untuk kembali,” ungkap Lim seperti yang dikutip dari The Straits Times.

Lim juga membahas mengenai beberapa skema yang disusun oleh Kementrian Ketenagakerjaan bagi para job seeker. Termasuk di dalamnya virtual career fair pertama yang baru saja dijalankan bulan lalu. Virtual career fair ini membuka 500 lowongan dari 50 lebih perusahaan.

“Seberapa banyak pekerjaan yang ada di Singapura, seberapa banyak karir yang baik, akan selalu ada kompetisis. Kami akan membuat masa depan yang menyenangkan namun juga menantang,” ungkap Lim.

Lim menekankan bahwa para job seeker harus fleksibel dan siap untuk merubah karir mereka ketika dibutuhkan. “Mereka yang sukses adalah mereka yang melihat semua masalah sebagai suatu kesempatan,” tambah Lim. (*)