Dikerjai Saat Proses Wawancara? Siapa Takut!

job-interview-437026_640

Proses wawancara memang terkadang ‘tidak biasa.’ Mulai dari wawancara di restoran cepat saji, kamar mandi, lift, sampai tempat parkir. Namun pernahkah Anda ‘mengerjai’ calon kandidat Anda?

job-interview-437026_640

Jika jawaban Anda tidak pernah atau mungkin saat ini Anda terpikir untuk melakukannya, Anda harus tahu bagaimana caranya. CEO Charles Schwab, Walt Bettinger, mengaku bahwa ia mengerjai calon kandidatnya melalui wawancara saat sarapan.

Baca juga: Wawancara di Restoran Cepat Saji, Siapa Takut

Saat hari wawancara, Bettinger akan datang lebih awal ke restoran dan meminta manajer restoran untuk memberikan menu yang berbeda dengan yang dipesan kandidat. Meskipun terdengar aneh, namun menurut Bettinger hal ini membantunya untuk melihat bagaimana seseorang bereaksi terhadap kesulitan yang dihadapi.

Menurut Bettinger, cara kandidat bereaksi terhadap pesanan yang salah membuatnya dapat memprediksi bagaimana gaya bekerja orang tersebut. “Saya melakukan hal tersebut untuk melihat bagaimana orang tersebut bereaksi dalam menghadapi kesulitan yang dihadapi,” ungkap Bettinger pada The New York Times.

Baca juga: 8 Pertanyaan Unik yang Pernah Diajukan Saat Wawancara

“Hal tersebut dapat membantu saya memahami bagaimana seseorang menghadapi kesulitan yang dihadapi. Apakah ia akan sedih, frustasi ataupun menerimanya. Kehidupan berjalan seperti itu dan begitupula dengan bisnis. Ini hanyalah salah satu cara untuk melihat hati seseorang lebih dalam daripada kepala mereka,” ungkap Bettinger. (*)