“Ceritakan tentang diri Anda”

Ini merupakan pertanyaan sederhana yang akan diajukan para rekruter saat mewawancarai Anda. Apa yang sebenarnya harus diceritakan? Kisah hidup Anda, pengalaman kerja, atau apa? Sebenarnya pertanyaan ini diajukan bukan hanya sekedar untuk membangun rapport antara rekruter dan Anda, namun juga untuk menunjukkan apakah Anda cocok ataukah tidak untuk pekerjaan tersebut. Anda tidak perlu takut untuk mejawab pertanyaan ini. CEO The Muse, Kathryn Minshew memberikan tipsnya untuk Anda.

Menurut Minshew, pertanyaan ini bukan membuat Anda menceritakan kisah hidup Anda dari Anda lahir sampai saat ini. Ataupun menjelaskan apa yang Anda tuliskan dalam resume Anda. Pertanyaan ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menarik perhatian rekruter dan meyakinkan mereka bahwa Anda cocok untuk pekerjaan tersebut.

Baca juga: 4 Bias yang sering terjadi dalam wawancara

Terdapat suatu formula sederhana untuk menjawab pertanyaan tersebut, yakni present-past-future formula. Pertama-tama Anda akan menjelaskan mengenai pengalaman Anda saat ini. Lalu membahas mengenai pengalaman kerja Anda sebelumnya dan kemampuan apa yang Anda dapatkan dari pekerjaan sebelumnya. Dan terakhir, menjelaskan alasan mengapa Anda ingin mengambil posisi yang Anda lamar saat ini. Contohnya adalah sebagai berikut:

Jika seseorang bertanya, “ceritakanlah mengenai diri Anda,” Anda bisa menjawab seperti ini:

“Saat ini saya bekerja sebagai account executive di Smith., dimana tugas saya adalah menghadapi klien. Sebelum itu saya pernah bekerja pada agensi  yang menaungi tiga merek kesehatan nasional. Pada saat itu saya sangat menikmati pekerjaan saya. Saya memiliki kesempatan untuk mendalami perusahaan kesehatan, dimana hal ini yang membuat saya merasa tertarik dengan kesempatan yang ada di Metro Health Center.”

Anda harus ingat untuk tetap fokus pada pengalaman dan kemampuan yang paling relevan dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Jangan lupa untuk tetap tenang dan rileks. Ceritakanlah kisah hidup Anda yang lucu untuk mencairkan suasana.

Baca juga: 4 Pertanyaan Wawancara untuk temukan karyawan hebat

Tags: ,