Cara Merekrut Tenaga Rekruter Senior Terbaik

Manajer Human Resources atau Rekrutmen seringkali menghadapi kesulitan dalam mendapatkan staf spesialis, khususnya rekruter untuk membantu upaya rekrutmen. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu Anda dalam mendapatkan rekruter terbaik, seorang rekruter senior berpengalaman:

  • Memahami bisnis Anda dan kompetitor
  • Paham industri dari mana ia direkrut
  • Mempunyai pengalaman sebelumnya pada posisi staf yang memenuhi persyaratan Anda
  • Berhasil menyelesaikan rekrutmen secara penuh, termasuk menutup transaksi penerimaan kandidat
  • Bisa menyediakan contoh dari upaya mendapatkan sumber kandidat
  • Memiliki pengalaman ekstensif dalam rekrutmen, SDM, isu kepatuhan (legal), dan sebagainya.
  • Tertarik dan mampu menyediakan perhatian personal
  • Setiap peluang penempatan ditangani secara professional
  • Menjaga betul kualitas proses seleksi
  • Melakukan pemeriksaan terhadap latar belakang kandidat secara ekstensif
  • Hanya menawarkan kandidat terbaik, bukan kandidat terbaik yang ada

Banyak alasan kenapa rekruter senior jauh lebih dicari ketimbang rekruter yunior, seperti diuraikan di bawah ini:

1. Mengelola Ekspektasi Pelanggan dan Memaksimalkan Hasil.
Seorang rekruter senior memiliki pemahaman yang tinggi terhadap apa yang diharapkan klien terhadap kandidat yang sukses. Mereka bisa menyodorkan kandidat yang sangat mendekati kebutuhan klien. Seorang rekruter senior telah mengembangkan jaringan kandidat excellent dan kontak berharga. Sedangkan rekruter yang belum berpengalaman harus memulai dari nol untuk setiap kali penugasan. Terlalu sering rekruter yang kurang berpengalaman meminta masukan manajer SDM atau rekrutmen tentang resume kandidat sebelum menyelesaikan proses seleksi awal. Hal ini sangat mengganggu sang manajer dan perusahaan.

2. Keahlian konsultansi.
Seorang rekruter senior mempunyai keahlian konsultansi yang bagus. Mereka bisa mengelola ekspektasi klien, memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, dan memberi informasi arahan kepada kandidat. Mereka fokus bukan hanya pada eksekusi proses rekrutmen dan hasil-hasilnya, tetap juga pada hubungan erat dengan klien. Rekruter senior memahami benar kebutuhan klien, di luar isu teknis, termasuk pengetahuan komprehensif terhadap lingkungan kerja, kultur, dan dinamika kelompok kerja. Dengan memahami “gambar besar”, rekruter senior mampu mengidentifikasi dan menghadirikan kandidat yang bakal berhasil dalam kelompok kerja ataupun organisasi. Semuanya ini dibangun atas keahlian fundamental: kemampuan kuat dalam berkomunikasi, kerjasama tim, dan presentasi. Kalaupun ada masalah yang muncul belakangan, mereka juga siap mengantisipasi dan mencegah dampak yang serius.

3. Keahlian Menjual.
Rekruter senior sangat efektif menjual kesempatan begitu memulai mencari kandidat. Mereka lihai dalam melakukan intrik terhadap kandidat. Maklumlah, mereka mencari kandidat terbaik, bukanlah orang-orang yang mencari kerja. Kandidat terbaik harus diyakinkan bahwa ini adalah kesempatan berkarir yang baik buat mereka.

4. Akses Terhadap Kandidat.
Rekruter senior senantiasa mencari cara baru dan inovatif untuk mengidentifikasi talenta yang diinginkan. Mereka kreatif, cermat, dan bekerja cepat. Sebaliknya, rekruter yang belum berpengalaman masih belajar untuk mencoba dan mendapatkan teknik terbaik. Rekruter senior mampu melaksanakan keseluruhan mata rantai rekrutmen, dan dalam banyak kasus tanpa membutuhkan sumberdaya tambahan.

5. Keahlian Multi Tugas.
Rekruter senior mampu menjalankan beberapa kegiatan rekrutmen secara simultan, seperti mencari sumber, menyeleksi, wawancara, mencari referensi, pemecahan masalah, menawarkan negosiasi, dan seterusnya.

6. Keahlian Menutup Transaksi.
Untuk mendapatkan kesepakatan akhir dengan kandidat terbaik dibutuhkan keahlian yang cukup canggih, termasuk menangani negosiasi tawar-menawar yang sensitif. Keahlian ini dipelajari dan dikembangkan selama bertahun-tahun.

7. Tekun.
Sebagian besar rekruter senior sukses karena mencintai pekerjaan ini. Oleh karenanya, mencari rekruter senior merupakan jalan terbaik untuk mendapatkan hasil rekrutmen terbaik.