Apa Kata Mereka? PT Aneka Tambang Tbk.

Rekrutmen yang tepat dan berbasis kompetensi merupakan upaya Aneka Tambang (Antam) dalam melakukan sinergitas antara SDM dan strategi perusahaan untuk mencapai visi dan misi.

Antam mengintegrasikan proses rekrutmen dengan strategi perusahaan berdasarkan filosofi SDM yang ada di Antam, yaitu mengakui insan yang kompeten sebagai salah satu sumber daya yang berharga dalam mengemban misi untuk mewujudkan visi Antam, insan yang kompeten memiliki sifat-sifat dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai Antam, pengetahuan dan ketrampilan serta mampu mengoptimalkannya dalam kehidupan kekaryaan. Dengan demikian, pegawai menghasilkan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

“Karena itu, Antam hanya merekrut, mempertahankan dan mengembangkan insane yang memiliki kompetensi terbaik,” papar Jemani H Ikhsan, Senior Manager HR PT Antam.

Upaya yang dilakukan perusahaan untuk mencapai sinergitas tersebut salah satunya melalui perencanaan, penarikan dan seleksi SDM yang tepat berbasis kompetensi. “Saat ini Antam dituntut untuk lebih adaptif dan kompetitif.”

Dalam melakukan rekrutmen, Antam menggunakan dua metode, internal dan eksternal. Metode internal biasanya terkait dengan promosi, mutasi dan replacement. Menurutnya, rekrutmen internal memiliki beberapa keuntungan baik dari segi pegawai maupun perusahaan. Untuk rekrutmen eksternal, terdiri 2 program yaitu rekrutmen melalui jalur regular dan fast track. Melalui jalur regular diharapkan terjaring kandidat pegawai yang bagus dan kompeten. “Jalur ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk jangka menengah dan panjang,” imbuh Jemani.

Sedangkan jalur fast track, Antam bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, di mana kandidat-kandidat yang unggul dan berkompetensi  terbaik bukan hanya ekselen dalam bidang akademik, tapi ekselen pada aspek kepemimpinan, kerjasama dan kestabilan emosi dengan IPK di atas tiga.

Di samping itu, Antam juga sedang mengembangkan metode asesmen di bawah satuan kerja learning center. Melalui metode ini, perusahaan dapat mengetahui level kompetensi seseorang sesuai dengan job requirement yang ada dan menghasilkan SDM yang memiliki nilai kompetitif yang baik.

Tahun ini, Antam merencanakan merekrut sekitar 24 calon pegawai tetap untuk jalur fast track dari 11 bidang yang berbeda (teknik geologi, teknik elektro arus lemah, teknik industri, teknik mesin, akuntansi, teknik informatika dan psikologi). Dari jalur regular ditargetkan 15 pegawai S1 dan D3 yang akan direkrut.