Anda Sedang Mencari kerja? Lakukan 15 Langkah Berikut Ini!

search-job

Hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Anda sudah tak sabar untuk meninggalkan pekerjaan saat ini tetapi pada kenyataannya Anda masih tetap datang ke kantor setiap hari. Anda sudah begitu jenuh karena merasa pekerjaan yang sekarang tidak sesuai dengan passion Anda, di saat bersamaan Anda ragu untuk resain karena belum ada pekerjaan pengganti.

search-job

Selanjutnya Anda akan merasa bahwa jabatan karir impian memanglah hanya sekedar mimpi. Padahal, kesempatan untuk mendapatkan karir impian masih terbuka luas dan kita tidak pernah terlambat untuk memulainya.

Bagi Anda yang sedang mencari kerja atau bahkan putus asa karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan impian, berikut adalah beberapa cara rekomendasi dari themuse.com tentang 15 cara agar kita bisa dengan cepat memperoleh pekerjaan.

Apa saja?

  1. Perbaharui dan editlah CV Anda. Lakukan ini sesegera mungkin.
  2. Setelah itu, periksa kembali dan pastikan bahwa CV Anda tersebut tidak terhambat oleh sistem ATS (Applicant Tracking System) yang biasanya dipakai oleh pemberi kerja atau bots sehingga bisa diterima dengan tanpa hambatan oleh manusia.
  3. Buat jadwal pertemuan dengan kolega lama, bos terdahulu atau orang-orang yang Anda kagumi di bidang yang Anda minati. Lakukan hal ini setiap minggu hingga kalian mendapatkan pencerahan mengenai karir dari mereka.
  4. Gunakan jasa career coach atau mentor untuk mendapatkan arahan-arahan tentang pekerjaan yang tepat bagi Anda.
  5. Buat profil LinkedIn Anda menjadi lebih menarik. Gunakan kata kunci-kata kunci yang membuat pemberi kerja lebih mudah menemukan Anda.
  6. Jangan lupa untuk menulis ‘summary’ yang baik di halaman LinkedIn Anda tersebut.
  7. Anda dapat mengirimkan email ke daftar kontak di email Anda yang menyatakan bahwa saat ini Anda sedang mencari kerja. Subyek email tersebut dapat menggunakan kalimat yang eksplisit seperti “Saya sedang mencari kerja”.
  8. Sampaikan bahwa Anda sedang mencari kerja saat Anda sedang berbincang dengan siapapun. Akan lebih efektif jika Anda menyampaikan kepada orang-orang yang berpotensi menghubungkan Anda dengan pekerjaan baru.
  9. Sisihkan 15 menit setiap harinya untuk mem-browsing di internet tentang peluang-peluang kerja baru.
  10. Ikuti halaman (page)/grup di Facebook tentang industri yang Anda ingin masuki.
  11. Mencoba terhubung (connect) dengan seseorang yang Anda kagumi di bidang yang Anda minati di akun LinkedIn. Namun sebelum itu, Anda tetap harus riset terlebih dahulu terhadap sosok tersebut dan juga seluk beluk industri tersebut.
  12. Sisihkan 30 menit dalam sehari untuk menuliskan surat lamaran untuk lowongan kerja yang Anda minati.
  13. Menggunakan aplikasi “crowdsource” untuk menginfokan bahwa Anda sedang perlu bantuan dalam mencari kerja.
  14. Buat daftar yang berisi alasan-alasan mengapa Anda menginginkan pekerjaan baru. Tempel daftar tersebut di dekat cermin, kulkas atau tembok sebelah meja kerja sehingga Anda selalu merasa termotivasi.
  15. Terakhir, maksimalkan pencarian lowongan kerja Anda dengan merencanakan matang-matang niat Anda, selesaikan paperwork seperti CV dan surat lamaran, kemudian perluas jaringan Anda dan terakhir ketahui betul di mana Anda bisa menemukan pekerjaan impian Anda.

Selama mencoba!