Anda Ingin Dipanggil Wawancara Kerja? Ikuti 4 Tips Ini

wawancara kerja

Bagi pencari kerja, mengirimkan surat lamaran kerja adalah hal yang wajar. Namun jika Anda pencari kerja sudah merasa bolak-balik mencoba namun tak kunjung dipanggil untuk interview juga, cobalah ambil waktu sebentar untuk introspeksi diri. Apakah ada yang salah dengan surat lamaran kerja, resume atau CV Anda?

Setiap hari seorang rekruter membaca puluhan bahkan ratusan resume setiap harinya. Sebaliknya pencari kerja mencari dan membaca puluhan bahkan ratusan lowongan pekerjaan dan mengirimkan resume untuk posisi tersebut. Jika memang belum dipanggil interview, kemungkinan resume pelamar memang belum cukup menggambarkan bahwa ia adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

wawancara kerja

(Sumber image: pixabay.com/en)

Lalu apa yang harus dilakukan agar resume Anda dapat membuat Anda dipanggil untuk wawancara? Tips berikut ini bisa saja Anda coba.

1. Bacalah informasi lowongan kerja dengan teliti

Orang seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh suatu perusahaan? Kemampuan, pengalaman atau lulusan apa yang mereka butuhkan? Informasi ini biasanya dituliskan dalam iklan lowongan pekerjaan. Jika Anda memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, maka Anda bisa mengirimkan resume Anda. Namun jika tidak, akan lebih baik jika Anda mencari informasi lowongan pekerjaan yang lain. Jika Anda tidak memperhatikan hal tersebut dengan teliti, maka kesempatan Anda untuk mendapatkan kesempatan untuk wawancara pun akan menurun.

Baca juga: 5 Tips Membuat Resume yang Efektif

2. Perbaiki resume Anda

Jika Anda benar-benar tertarik dengan suatu posisi pekerjaan, maka alangkah baiknya jika Anda menulis ulang resume Anda. Fokuskan pada kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki sesuai dengan posisi yang Anda inginkan. Biasanya para rekruter hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk membaca resume, mencari kata spesifik yang memenuhi kebutuhan mereka. Jika resume Anda ternyata lebih cocok untuk posisi yang lain, maka kemungkinan Anda dipanggil untuk wawancara pun akan mengecil.

3. Perbaiki cover letter Anda

Ketika suatu resume menarik perhatian rekruter, maka ia akan membaca cover letter yang Anda kirimkan. Cover letter yang Anda kirimkan merupakan kesempatan Anda untuk menunjukkan diri Anda dan memberitahukan mengapa Anda pantas mendapatkan posisi tersebut. Perbaiki cover letter Anda berdasarkan informasi lowongan pekerjaan atau perusahaan tujuan Anda.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Resume Ini Sebabkan Pelamar Ditolak dalam Sekejap

4. Jauhkan diri dari komputer Anda

Kebanyakan pencari kerja menghabiskan waktu dengan mencari informasi lowongan pekerjaan di internet. Namun ternyata statistik menunjukkan bahwa kebanyakan pekerjaan didapatkan melalui networking. Maka dari itu untuk meningkatkan kesempatan Anda dipanggil wawancara bersosialisasilah dengan teman-teman Anda dan beritahukan mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Jika resume Anda disampaikan pada rekruter melalui seseorang yang ia percaya, maka kemungkinan Anda dipanggil untuk wawancara pun akan semakin besar. Selamat mencoba. (*)

Tags: , , , , , , , , , ,