Almamater, Penting ataukah Tidak?

Apakah perusahaan peduli dari mana gelar sarjana yang Anda dapatkan berasal? Meskipun Anda lulusan universitas ternama di Indonesia, apakah perusahaan peduli? Jika Anda remaja berusia 17 tahun yang baru saja lulus SMA mungkin bagi Anda dan orang tua Anda sangat penting untuk memasuki universitas seperti yang Anda impikan. Namun ketika Anda mencoba bertanya pada para business leaders, jawaban mereka: itu bukanlah masalah.

Dua survei yang dilakukan oleh Gallup atas nama Lumina Foundation, suatu organisasi yang memiliki komitmen untuik meningkatkan presentase warga Amerika yang mengenyam pendidikan tinggi, menemukan bahwa para perekrut tidak begitu mempedulikan dari mana calon karyawan mereka mendapatkan gelar sarjana mereka.

Sebaliknya, menurut 600 orang business leader yang disurvei mengemukakan bahwa yang penting adalah pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh calon karyawan sesuai dengan bidangnya. Bahkan sebanyak 28% responden mengungkapkan bahwa mereka lebih mementingkan jurusannya. Hanya 9% yang mengemukakan bahwa mereka mementingkan institusinya.

Baca juga: Betulkah Sarjana Indonesia Kurang Berkualitas?

Sementara itu, survei kedua Gallup terhadap masyarakat dewasa di Amerika, menemukan bahwa masyarakat lebih memberikan nilai lebih pada institusi tempat gelar sarjana didapatkan. Namun ketika ditanya kepada para hiring managers, 30%-nya menjawab bahwa institusi tempat calon karyawan berasal adalah hal yang ‘sangat penting’ dan 47%-nya mengungkapkan hal yang sama untuk jurusannya.

Lalu, pelajaran apa yang bisa diambil dari hasil survei Gallup ini bagi para job hunters? Gallup mengungkapkan bahwa mendapatkan pekerjaan dan menerima kesuksesan jangka panjang dalam karir seseorang dapat terus meningkat, bergantung pada bagaimana karyawan mampu menanamkan nilai melalui pengalaman dan pembelajaran mereka. Dan semakin berkurang pada mereka yang memiliki gelar tinggi, meskipun mereka berasal dari universitas ternama.

Baca juga: Pencari Kerja Terbanyak Justru Sarjana

Tags: