6 Pertanyaan Wawancara Teraneh dan Jawaban yang Diharapkan

thedragongroup.com.au

Sektor teknologi memang dikenal dengan segala macam keunikannya. Tidak hanya tunjangannya, namun juga dalam proses rekrutmennya. Terutama saat proses interview. Pertanyaan yang diajukan pada proses interview bisa membuat para kandidat menggelengkan kepala.

thedragongroup.com.au

thedragongroup.com.au

Di balik pertanyaan yang aneh tersebut, ternyata para CEO mengharapkan kandidat menjawabnya sesuai dengan yang mereka harapkan. Yahoo Finance, seperti yang dikutip dari HRM Asia, merangkum 6 (enam) pertanyaan wawancara teraneh dan jawaban yang diharapkan.

  1. Spacex

Pertanyaan: Anda berdiri di permukaan Bumi. Anda berjalan satu mil ke selatan, satu mil ke barat dan satu mil ke utara. Anda pun kembali ke tempat awal Anda berjalan. Di manakah Anda?

Jawaban: “Jawabannya adalah, Anda berada di Kutub Utara ataupun suatu tempat di Kutub Selatan. Pertanyaan ini tidak perlu dijawab dengan cepat namun harus dijawab dengan benar,” jawab Elon Musk, selaku CEO Spacex.

Baca juga: 8 Pertanyaan Unik yang Pernah Diajukan Saat Wawancara Kerja

  1. Google

Pertanyaan: Ada berapa banyak sapi di Kanada?

Jawaban: “Cukup untuk memastikan bahwa seluruh penduduk Kanada mendapatkan keju dan susu,” jawab Laszlo Block, selaku HR Head Google.

  1. Zappos

Pertanyaan: Dari skala satu sampai 10, seberapa aneh Anda?

Jawaban: “Jika jawabanya satu kemungkinan besar ia tidak cocok dengan budaya di Zappos. Namun jika jawabannya 10 maka ia terlalu psikotik,” jawab Tony Hsieh, CEO Zappos.

  1. Virgin Group

Pertanyaan: Apa yang tidak sempat Anda masukkan dalam CV Anda?

Jawaban: “CV yang bagus memang penting, namun jika Anda ingin merekrut seseorang berdasarkan apa yang mereka tuliskan dalam CV, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mewawancarainya,” ungkap Richard Branson, Founder Virgin Group.

  1. Apple

Pertanyaan: Anda meletakkan segelas air di atas record turntable dan mulai meningkatkan kecepatannya perlahan-lahan. Apa yang akan terjadi? Apakah gelasnya jatuh, terbalik atau airnya tumpah?

Jawaban: “Salah satu jawaban yang memungkinkan yaitu: “Apa itu record turntable” dan jawaban lainnya yaitu: “Karyawan macam apa yang meletakkan segelas air di atas turntable? Pecat dia dan berikan pekerjaannya pada saya’,” ungkap Tim Cook, CEO Apple.

  1. Amazon

Pertanyaan: Apakah Anda bersedia untuk bekerja selama 10 jam, empat hari seminggu dalam posisi berdiri?

Jawaban: “Tentu saja. Saya hanya butuh meja kerja berdiri dan izin untuk mengenakan sepatu yang saya inginkan,“ jawab Jeff Bezos, CEO Amazon. (*)