50% Perusahaan Gagal Gunakan Social Media untuk Rekrutmen

yourfile (1)

 

Social Media terus bertumbuh. Gemerlapnya telah merasuki ruas-ruas lingkungan kerja tanpa kita sadari. Seperti yang dikatakan CEO PortalHR, Malla Latif dalam kesempatan seminar rekrutmen beberapa saat yang lalu, social media berdampak kepada employee branding. Lewat social media, karyawan bisa berinteraksi secara soft mengenai brand mereka.

Walaupun social media sangat mendukung personal branding, ternyata dampak social media untuk rekrutmen masih belum signifikan. Berdasarkan riset XpertHR yang diterbitkan beberapa waktu lalu, banyak perusahaan yang mengaku gagal menggunakan social media untuk rekrutmen.

Dari 138 perusahaan yang mengikuti survei XpertHR, hanya 46% yang mengatakan berhasil menggunakan social media untuk merekrut. Sisanya menjawab bahwa mereka lebih berhasil menggunakan website perusahaan (82%) dan Job Boards (82%) untuk menarik dan merekrut kandidat.

Masih menurut riset yang sama, 82% responden mengatakan mereka mengelola proses rekrutmen sendiri, tanpa melibatkan agency social media. Para perekrut kebanyakan menggunakan LinkedIn (78%), Twitter (48%) dan Facebook (37%).

Para pengusaha (51%) mengaku bahwa rekrutmen via social media mengurangi biaya iklan lowongan kerja mereka. Social media juga memudahkan perusahaan (60%) dalam menemukan banyak kandidat yang ingin mereka cari. Selain itu, 33% pengusaha mengaku social media meringankan pekerjaan HR untuk mencari kandidat.

Lalu apakah social media berhasil menemukan kandidat yang tepat? Hanya 48% pengusaha yang mengaku bahwa social media efektif untuk mendapatkan kandidat yang terbaik. Bisa dikatakan, survei ini menunjukkan bahwa perusahaan cenderung menggunakan social media pada tahap awal perekrutan. Social media efektif meng-attract kandidat sebanyak-banyaknya. Namun mengutip Malla Latif, praktisi HR harus bisa mengoptimalkan social media dengan baik untuk menemukan kandidat yang mereka harapkan.

Berikut ini data dari XpertHR:

Untuk selengkapnya dapat mengunjungi web xpertHR.co.uk.

 

Tags: , ,