4 Skill Penting Tahun 2013

Walaupun pemerintah telah menaikkan UMP, masih belum dipastikan apakah pengusaha akan menaikkan gaji di tahun depan. Yang jelas, bukan hanya pekerja yang menuntut kenaikan upah, dunia bisnis juga menuntut pekerja yang memiliki keterampilan (skill) yang memadai dan menunjukkan hasil yang sepadan.

Bagi karyawan yang ingin maju dalam karir, kompetensi-kompetensi dasar saja akan tidak memadai lagi.

Berikut ini ada 4 skill yang harus dimiliki untuk mendapatkan promosi ataupun pekerjaan baru di tahun depan, seperti kami kutip dari Wall Street Journal.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Di level apa pun, kemampuan berkomunikasi adalah kunci kesuksesan dalam karir.

“Yang dimaksud adalah kemampuan untuk bisa menyampaikan dengan jelas sudut pandang seseorang serta kemampuan untuk menciptakan koneksi melalui komunikasi yang baik,” ujar Holly Paul, recruiting leader PricewaterCoopers untuk Amerika.

Secara khusus untuk pencari kerja, kemampuan berkomunikasi dapat memberikan gambaran yang jelas tentang gaya bekerja mereka kepada calon pemberi pekerjaan. “Saya bisa mengetahui dari percakapan 5 menit dan merasakan antusiasme seorang pelamar dan memahami apa yang penting bagi mereka,” kata Paul.

Karena percakapan kantor akan semakin bergeser ke bentuk online, sebagian karyawan mungkin tidak akan pernah punya kesempatan mengembangkan kemampuan melakukan presentasi, atau tidak bisa menulis tulisan panjang dengan baik.

“Perkembangan teknologi di satu sisi telah mengurangi kemampuan menulis kita. Orang-orang terbiasa buru-buru dan multitasking, sehingga melewatkan hal-hal mendasar seperti mengecek ejaan,” kata Paul McDonalds, direktur senior Robert Half International, sebuah perusahaan rekrutmen di California.

2. Personal Branding

Saat ini para perekrut mencari blog, Twitter, dan situs jejaring sosial profesional seperti Linkedin ketika mencari tahu tentang seorang kandidat, karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan keberadaan Anda di situs-situs tersebut.

“Itu adalah brand Anda, itulah bagaimana representasi diri Anda,” ujar Peter Handal, CEO Dale Carnegie Training di New York. “Bila Anda memposting sesuatu yang akan merugikan Anda, orang-orang akan melihat itu.”

Para pencari kerja juga perlu memastikan personal branding mereka menarik. “Semakin banyak perusahaan yang mencari karyawan yang bisa memposting twit, ngeblog dll untuk kepentingan perusahaan, membangun audience dengan posting-posting yang menarik,” ujar Meredith Haberfeld, seorang career coach di New York.

3. Fleksibilitas

Kemampuan untuk merespon secara cepat kebutuhan perusahaan yang berubah-ubah akan menjadi salah satu kemampuan penting tahun depan seiring dengan berubah-ubahnya perilaku konsumen.

“Banyak perusahaan meminta kami melakukan pelatihan kepada karyawan mereka untuk keluar dari zona aman dan memberi kemampuan beradaptasi,” kata Handal. “Pekerjaan seseorang hari ini mungkin akan tidak sama lagi tahun depan.”

Kemampuan untuk belajar skill baru akan menjadi hal terpenting, ujar George Boue, vice president human resource sebuah perusahaan jasa real estate. “Kami ingin tahu bahwa ketika kami meluncurkan program baru atau tools baru karyawan kami terbuka untuk mempelajarinya,” katanya.

4. Peningkatan Produktivitas

Di tahun 2013, para pekerja harus bisa mencari cara-cara baru meningkatkan produktivitas. Para eksekutif mengharapkan 20% peningkatan produktivitas di tahun depan, menurut survei terbaru dari Corporate Executive Board Arlington.

“Ketika Anda sedang bekerja, apakah Anda sering menawarkan bantuan sukarela? Apakah Anda mencari cara-cara kreatif untuk membantu organisasi Anda?” kata MrDonald. “Cara untuk benar-benar membedakan Anda dari yang lain adalah bersikap proaktif.”

Tags: , ,