4 Prinsip Menggaet Kandidat yang Tepat

hand-648448_640

Merekrut kandidat baru membutuhkan banyak biaya. Tentu saja, semua orang tahu itu. Namun apa jadinya jika Anda merekrut kandidat yang tidak tepat? Inilah dilemanya, semua biaya yang dikeluarkan menjadi sia-sia, belum lagi banyaknya waktu yang terbuang.

hand-648448_640

(Sumber image: pixabaycom)

Padahal menurut Nicole Smartt, salah satu kontributor Entrepreneur yang sudah terjun di bidang perekrutan hampir 13 tahun, ada rumus jitu untuk mengantisipasinya. Smartt telah melihat bahwa untuk merekrut kandidat yang tepat sebenarnya hanya membutuhkan empat prinsip. Apa saja keempat prinsip tersebut?

1. Melihat reaksi kandidat

Pernyataan seputar integritas, produktivitas dan sejenisnya akan berakhir secara open-ended. Proses wawancara merupakan kesempatan bagi Anda untuk melihat kandidat lebih dekat. Tidak hanya sekedar memastikan apa yang mereka tuliskan dalam resume benar, namun juga bagaimana mereka bereaksi secara spontan.

Tips dari Smartt, tanyakan pertanyaan berdasarkan sudut pandang kandidat. Lihatlah bagaimana reaksinya. Kandidat yang baik, pada akhirnya akan mencapai satu titik dia tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara tanpa menyadari bahwa pengetahuan yang ia miliki memiliki batasan. Kepercayaan diri yang berlebihan pun terkadang bisa menjadi faktor yang penting pula, bukan?

Baca juga: 3 Pertanyaan Wawancara untuk Menjaring Si Inovatif

2. Core values

Core values yang dimiliki perusahaan adalah modal utama dalam merekrut kandidat. Mencari kandidat yang sesuai dengan core values perusahaan adalah kewajiban. Kandidat dengan pengalaman yang sedikit namun memahami core values perusahaan layak diprioritaskan dibanding mereka yang memiliki banyak pengalaman namun ada masalah dengan core values perusahaan.

3. Fokus pada hal yang tidak ada di resume

Proses wawancara adalah proses mengenal kandidat lebih dalam. Tidak hanya sekedar mengecek apa yang mereka tulis dalam resume dan tidak hanya sekedar mengisi lembar wawancara yang menjadi tugas Anda. Bangunlah hubungan yang baik dengan kandidat dalam waktu yang singkat tersebut.

Baca juga: 4 Pertanyaan Wawancara untuk Temukan Karyawan Hebat

4. Masalah produktivitas

Biaya yang terbuang dari kehilangan seorang pekerja bervariasi. Mulai dari 30% dari gaji per tahun hingga 200 kali gaji per tahun bagi posisi yang lebih tinggi. Pertimbangkan seberapa yakin diri Anda pada kandidat tanpa harus membuang uang perusahaan dengan percuma. Pertimbangkan biaya pelatihan yang harus dikeluarkan dan bagaimana bekerja secara terintegrasi.

Merekrut kandidat yang tepat memang bukanlah hal yang mudah. Anda bisa saja mengatakan bahwa seseorang tidak tepat namun Anda berada dalam posisi untuk membuktikan bahwa yang Anda pilih adalah orang yang tepat. Selamat merekrut! (*)

Tags: , ,