3 Tips Jawab Pertanyaan “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?”

Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang kerap kali ditanyakan dalam proses wawancara. Mungkin Anda sendiri pernah menanyakan pertanyaan tersebut atau dihadapkan pada pertanyaan tersebut.

Pertanyaan apapun yang diajukan pada proses wawancara tujuannya tidak lain adalah untuk melihat apakah seseorang tepat untuk suatu posisi. Setiap pertanyaan dibuat sedemikian rupa untuk menggali skill pelamar, apakah pelamar cocok dengan budaya perusahaan dan segala hal yang berhubungan. Pertanyaannya sekarang, apakah ada tips bagaimana menjawab pertanyaan “Mengapa kami harus menerima Anda di perusahaan kami?” Jawabannya tentu saja ada. Simak pemaparan yang dilansir dari The Muse berikut ini.

1. The Intersection

Salah satu cara untuk menghadapi pertanyaan ini adalah dengan memotong apa yang ingin dikatakan hiring manager. Pada dasarnya jika Anda memotong pertanyaan hiring manager, ia akan terdiam untuk membiarkan Anda berbicara atau memotong kembali ucapan Anda. Jika ia terdiam untuk membiarkan Anda berbicara artinya ia melihat Anda sebagai pekerja yang sangat antusias dan Anda merupakan orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Kunci utamanya adalah selalu ingat untuk membahas mengenai diri Anda. Terkadang para pelamar hanya sekedar mendengarkan apa yang disampaikan oleh hiring amangaer. Namun jika Anda mencoba menyampaikan apa yang ada di pikiran Anda hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi Anda.

Baca juga: Pertanyaan Pamungkas untuk Mencari Kandidat Terbaik

2. The Company Expert

Jika Anda sudah menceritakan mengenai pengalaman dan skill Anda sebelumnya namun masih ditanyakan pertanyaan tersebut, maka ini saatnya Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki hal lain yang tidak dimiliki orang lain. Salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan pengetahuan dan pemahaman Anda seputar perusahaan tersebut. Hal ini tentu saja membutuhkan riset terlebih dahulu. Anda bisa membicarakan mengenai keunikan perusahaan, sejarah perusahaan, tujuan perusahaan dan strategi Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Tunjukkan betapa tertariknya Anda pada posisi tersebut. Tunjukkan bahwa Anda akan lebih mudah dilatih dibandingkan kandidat lain dan tunjukkan bahwa Anda memiliki strategi dalam meraih tujuan perusahaan.

3. The Problem Solver

Biasanya hiring manager menanyakan pertanyaan ini karena perusahaan memiliki masalah yang perlu diselesaikan. Jawab tanpa bertele-tele dengan pendapat Anda secara detail bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah. Usahakan untuk tidak membahas mengenai pekerjaan Anda yang sebelumnya. Fokuslah pada tujuan dan jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda dapat berpikir jauh ke depan, seorang team player dan siap diterjunkan ke medan perang.

Baca juga: 3 Cara Mengakhiri Jawaban Saat Wawancara 

Tags: ,