3 Kualifikasi yang Diinginkan CEO LinkedIn

Merekrut seseorang yang memang cocok dan sesuai dengan bidangnya merupakan suatu kemenangan bagi seorang rekruter. Merekrut seseorang yang akan membantu Anda untuk lebih enjoy dalam menyelesaikan pekerjaan Anda mungkin dapat membuat Anda senang. Lalu, apa dulu yang harus dilakukan untuk mencari mereka yang seperti yang Anda harapkan?

Menurut Jeff Weiner, CEO dari LinkedIn, untuk mencari karyawan impian Anda pertama-tama Anda perlu tahu karyawan seperti apa yang Anda inginkan. Weiner membagikan di akun Twitter pribadinya karyawan seperti apa yang dia inginkan dalam bentuk diagram venn. Posting-an Weiner ini berhasil menjadi suatu post yang paling sering dibagi.

Sekilas menurut diagram venn yang digambar Weiner, ia menginginkan karyawan yang efektif dan mampu menikmati pekerjaannya. Berikut merupakan penjelasan dari diagram venn yang digambar Weiner mengenai karyawan yang diharapkannya.

 “The ability to dream big…”

Weiner senang dengan seseorang yang mampu berpikir out of the box dan tidak berbatas. Dengan alasan yang cukup rasional, visi yang dimiliki orang tersebut haruslah cukup menginspirasi banyak orang, mengubah pola pikir kelompok dalam menyelesaikan permasalahan dan mentransformasi tujuan yang di harapkan. “Untuk memenuhi kualifikasi ini, saya menginginkan seseorang yang mampu bermimpi besar,” ungkap Weiner.

“…but also to execute…”

Tidak hanya sekedar memberikan ide, namun ia mampu mengeksekusi ide tersebut. Dengan memecah ide besar menjadi ide yang lebih kecil, menentukan objek dan mengeksekusi ide tersebut. “Jika tujuan adalah suatu hal yang visioner, maka hal tersebut akan berhadapan dengan keragu-raguan, hal yang skeptis dan realisasinya akan terancam. Sebagai hasilnya, maka akan selalu ada cara untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa orang yang cukup capable menurut saya, tahu bagaimana cara menyelesaikannya,” tulis Weiner.

“…and to have fun doing it.”

Memiliki mimpi besar, mampu menjalankannya namun tidak menikmati proses saat menjalankannya adalah hal yang sia-sia. Menurut Weiner, suatu tujuan tidak hanya sekedar untuk diraih tapi juga dapat memberikan kesenangan saat melakukannya. “Saya telah mencapai suatu titik dalam karir saya bahwa saya ingin dikelilingi oleh orang-orang yang tidak hanya sekedar memiliki visi, namun juga memiliki komitmen untuk mencapainya. Mereka mampu bekerja dalam tim, tidak terlalu serius dan tahu bagaimana caranya bersenang-senang,” rangkum Weiner.

Jika Anda memiliki ketiga kualifikasi tersebut, mungkin Anda bisa mencoba melamar ke LinkedIn.

Baca juga: Pelajaran Berharga yang Didapat CEO LinkedIn

Tags: ,