3 Kesalahan Job Seeker di Facebook Timeline

FB Dislike

FACEBOOK memang menghadirkan pengalaman tersendiri. Bagi penggunanya, berekspresi melalui Facebook Timeline serasa ia mengenggam dunianya sendiri. Ia bebas mengungkapkan semua perasaannya, tanpa harus disensor.

Sayangnya, Facebook Timeline bisa menghadirkan mimpi buruk jika saat ini Anda tengah mencari pekerjaan. Pasalnya, apa yang sudah Anda torehkan melalui timeline, bisa menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak. Ya, dengan mudah para recruiters bisa ‘memata-matai’ aktivitas Anda di masa lalu.

Seperti diketahui, lebih dari 18,4 juta orang Amerika telah menggunakan Facebook untuk mencari pekerjaan. Facebook Timeline menimbulkan hambatan baru untuk para job seeker mendapatkan pekerjaan. Ini bisa terjadi ketika mereka melakukan kesalahan kecil sekali pun. Tony Morrison, Vice President of Business Development at Cachinko, melalui tulisannya di Mashable.com, memperingatkan ada 3 kesalahan yang bisa dilakukan oleh para job seeker di Facebook Timeline. Apa saja?

1.Whine. Ribuan pengguna sangat jelas bahwa mereka terlihat sedang membenci apa saja di Facebook Timeline, terutama jika dilihat melalui update status mereka. Berkeluh-kesah tentang pekerjaan melalui timeline – salah satunya- akan membuat orang lain terutama recruiters berpikir bahwa Anda tidak akan mampu menangani hal-hal kecil terhadap pekerjaan yang akan ditawarkan.

2.Refusing to Adjust, Take Advantage of New Things. Seperti diketahui, Facebook senantiasa berbenah melalui fitur-fitur barunya. Jika Anda meninjau halaman introduction Facebook, Anda akan menemukan timeline yang menawarkan beberapa fitur yang cukup rapi, termasuk gambar cover, maupun kemampuan menyorot cerita dan mengelola integrasi aplikasi secara penuh.

Job seeker harus tanggap dengan fitur baru ini. Ini adalah sebuah kesempatan untuk menceritakan diri Anda secara lebih lengkap. Anggap saja, Facebook Timeline adalah brosur online untuk merek pribadi Anda.

Setiap kali Facebook, maupun platform social media lainnya, membuat perubahan struktural, ada sekelompok orang yang memilih berdiam diri. Ini adalah kesalahan besar. Mengapa? Menolak untuk menyesuaikan berarti bahwa Anda mungkin kehilangan peluang.

Simak sudut pandang para pemberi kerja atau recruiters berikut ini. Jika Anda menemukan calon yang menempelkan ‘senjata’nya dan mereka tidak pernah menyesuaikan diri dengan perubahan, apakah Anda berpikir mereka ini sanggup melakukan perubahan di tempat kerja?

3.Neglecting to Edit. Satu peringatan dari Facebook Timeline adalah bahwa masa lalu jauh lebih mudah untuk diakses. Dalam hal pengaturan privasi yang tetap sama, toh banyak pengguna konten yang bisa melacak kembali apa yang Anda telah Anda lakukan. Pertanyaannya, apakah Anda ingin dikoreksi mengenai semua yang Anda lakukan, terutama jika ada kesalahan kecil di waktu enam tahun yang lalu?

Beruntung, Facebook melalui fitur barunya, memberikan waktu seminggu bagi para pengguna untuk meninjau ulang apa yang telah terlanjur di-posting. Anda bisa menghapus data yang tidak layak, yang hanya akan berpotensi menjadi masalah di mata para recruiters.

Kalau sudah begini, apakah Anda masih berpikir bahwa beraktivitas di social media hanyalah hura-hura saja? Sebaiknya Anda berpikir ulang! (@erkoes)

Tags: , ,