3 Kata yang Dipergunakan Berlebihan dalam Resume

keyboard-417090_640

Resume merupakan bagian dari diri kandidat yang akan dikirimkan ke perusahaan yang diinginkan. Dalam resume hampir setiap orang mencoba menceritakan sebagian dirinya dalam satu atau dua lembar halaman.

keyboard-417090_640

(Sumber image: pixabaycom)

Sehingga apapun yang dianggap dapat menjadi nilai plus, akan dituliskan demi menarik perhatian para rekruter. Namun ternyata terdapat beberapa kata yang dipergunakan secara berlebihan dalam resume.

Baca juga: Jangan Gunakan 5 Kata Ini Ketika Menjawab Pertanyaan Interview

Bukannya membuat rekruter terkesan, resume Anda pun membuat mereka mengernyitkan alis mata. Lalu bagaimana caranya untuk membuat rekruter terkesan dengan resume Anda? The Muse memberikan tipsnya untuk Anda.

1. ‘Big Picture Thinker’ atau ‘Out-of-the-box Thnker’

Penggunaan kedua frase tersebut tidaklah terdengar spesial lagi pada masa kini. Daripada menuliskan bahwa Anda adalah seorang out-of-the-box thinker, alangkah lebih baiknya jika Anda memberikan contoh kapan Anda menjadi out-of-the-box thinker. Tuliskan kegiatan yang membuat Anda terlihat sebagai out-of-the-box thinker.

Baca juga: 10 Kata yang Digunakan Berlebihan di LinkedIn

2. ‘Though Leader’ atau ‘Inspirational Leader’

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang diputuskan sendiri, namun berdasarkan keputusan beberapa orang. Jadi akan terdengar aneh jika Anda menyebut diri Anda inspirational leader. Lebih baik tuliskan kapan Anda berperan sebagai pemimpin, kapan Anda menjadi team leader, mengatur tim Anda dan mengembangkan kemampuan anggota tim Anda.

3. ‘Innovative’ atau ‘Visionary’

Penggunaan dua kata ini sama halnya dengan ‘passionate.’ Memang bukan hal yang buruk dalam menggunakan dua kata ini dalam resume Anda. Namun penggunaan yang berlebihan akan membuat rekruter menaikkan alis mereka. Banyak orang menuliskan hal tersebut dalam resume mereka, namun tidak ada bukti yang konkrit. Anda bisa menuliskan contoh kapan Anda benar-benar melakukan inovasi. Mulailah poin baru dengan “Invented…” atau “Created new…” mengatakan bahwa diri Anda visioner ataupun inovatif tidak hanya sekedar meninggalkan kesan, namun juga dapat dipercaya. (*)