3 Alasan Mengapa Anda Harus Menurunkan Gengsi dan Mulai Meminta Bantuan Orang Lain dalam Mencari Pekerjaan

coffee-break-1177540_640

Meminta bantuan dari orang lain saat mencari pekerjaan mungkin membuat Anda terdengar sangat desperate. Pada akhirnya Anda pun berusaha mencari pekerjaan yang Anda inginkan sendiri. Namun Anda tidak kunjung mendapatkannya juga. Padahal hanya dengan sekedar menurunkan sedikit ‘gengsi’ Anda, orang lain bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Mengapa meminta bantuan orang lain menjadi hal yang penting dalam mencari pekerjaan? Berikut alasannya.

coffee-break-1177540_640

(Image: Pixabay)

1) Anda Tidak Tahu Wajah Setiap Orang di Dunia Ini

Tentu saja, Anda tidak mengenal semua orang di dunia ini, bahkan bagi seorang social butterflies sekalipun. Anda memang tidak kenal, namun teman dan keluarga Anda kenal dengan orang lain yang tidak Anda kenal. Anda bisa menanyakan pada rekan Anda apakah di tempatnya sedang membuka lowongan. Mungkin dia tidak memilikinya, namun bisa jadi rekannya yang lain, yang tidak Anda kenal tentunya, memilikinya. Rekan Anda pun bisa merekomendasikan Anda padanya.

Baca juga: 4 Strategi Mencari Kerja yang Salah dan Bagaimana Memperbaikinya

2) Anda (Ternyata) Tidak Terlalu Mengganggunya Seperti yang Anda Pikirkan

Mungkin memang akan terdengar menganggu jika Anda langsung meminta dicarikan pekerjaan pada orang yang baru Anda temui atau bahkan orang asing yang Anda kenal melalui media sosial. Namun jika Anda mendekatinya terlebih dahulu dan menanyakannya secara baik-baik, Anda tidak akan terdengar menganggu. Yakinlah. Richard Moy, salah satu kontributor The Muse, mengungkapkan bahwa ia kerap kali diminta untuk me-review resume dan cover letter, membuat pembukaan dalam cover letter atau resume atau sekedar memberikan saran seputar karir bagi orang-orang yang tidak dikenalnya. Poin pentingnya, ia sama sekali tidak merasa terganggu dengan hal tersebut.

Baca juga: Sedang Cari Kerja? Asaglah Keahlian Anda

3) Anda Tidak Perlu Membalas Kebaikannya dengan Segera (Atau Mungkin Tidak Perlu Sama Sekali)

Bagi kebanyakan orang, meminta bantuan orang lain dianggap menjadi beban karena harus ‘membayar kembali’ bantuan yang diberikan. Padahal hanyalah orang-orang egois yang meminta ‘bayaran’ atas jasanya dalam me-review resume, cover letter atau apapun itu. Percayalah bahwa tidak semua orang akan menuntut bayaran atas bantuan yang mereka berikan. Richard Moy membagi pengalamannya dalam menulis email bagi seseorang yang pernah ia bantu. Satu-satunya hal yang ia terima hanyalah ucapan terima kasih, namun ia merasa sangat senang bisa membantunya. Sesungguhnya daripada memikirkan bagaimana caranya membayar kembali (pay it back), alangkah lebih baiknya jika Anda membayarnya ke depan (pay it forward). Sehingga, saat ada seseorang membutuhkan bantuan Anda, maka bantulah. (*)