10 Tips agar Profil Linkedin Dilirik Headhunter

profil linkedin

LinkedIn sudah diakui menjadi salah satu tools yang efektif dalam hal rekrutmen. Berbeda dengan situs jejaring lainnya seperti Facebook, LinkedIn memiliki demografi anggota yang satu level lebih smart. Tak heran jika kumpulan para profesional di LinkedIn, menjadi sasaran empuk para headhunter atau para recruiters. Sayangnya, belum banyak yang paham fitur-fitur apa saja yang bisa dioptimalkan, agar ‘nilai jual’ si member, bisa terdongkrak naik.

Berikut ini ada 10 tips bagaimana membaguskan profil kita di LinkedIn, seperti ditulis oleh Robert Wright di recruitingblogs.com. Silahkan disimak.

1. Make sure your LinkedIn profile is 100% complete. Jadikan LinkedIn sebagai arsip dari CV Anda. Manfaatkan dengan baik, dan tonjolkan kemampuan Anda.

2. Become connected. Semakin Anda membuka diri untuk mudah terkoneksi dengan banyak orang, semakin besar peluang Anda ditemukan oleh para recruiters maupun headhunter. Permudah akses ke halaman profil Anda, kalau perlu jangan diproteksi/difilter terlalu ketat. Hal ini biasanya ditandai dengan keharusan memasukkan alamat email ketika orang lain akan meng-add profil Anda. Toh, jika Anda tidak ingin menerima pertemanan, Anda tinggal menekan satu tombol saja.

3. Join professional groups. Pada tingkat dasar bergabung dengan kelompok tertentu akan memungkinkan anggota kelompok lain (termasuk recruiters) untuk mengirimkan pesan kepada Anda secara langsung mengenai pekerjaan yang relevan. Pada tingkat yang lebih maju, mengambil bagian dalam diskusi atau pun update postingan akan menjadi poin tersendiri. Anda bisa mencitrakan mengenai, pertama meningkatkan profil Anda, kedua meningkatkan koneksi Anda sehingga orang lain begitu ingin berhubungan dengan Anda karena Anda terlihat sebagai pribadi yang menarik, serta ketiga bisa menunjukkan pengetahuan Anda tentang satu sektor atau profesi.

4. Update your status regularly. Beritahu orang apa yang ingin Anda sampaikan dengan atau memposting link ke beberapa berita atau berkomentar positif kepada member lain. Jaringan sosial memungkinkan lebih banyak interaksi dan sosialisasi dari hanya sekadar teknologi. Jadi, pastikan Anda terlihat profesional yang tercermin dari status update Anda. Tapi ingat, jangan terlalu membosankan atau berulang-ulang. Anda pun tidak perlu terbebani dengan kewajiban memperbarui status Anda. Mambahkan 20 update sekaligus dalam satu kesempatan, kemudian selama sebulan ke depan tidak ada aktivitas sama sekali, rasanya itu juga bukan cara yang baik.

5. Follow companies. LinkedIn adalah cara yang bagus untuk mengikuti minat Anda terhadap satu atau lebih perusahaan. Banyak perusahaan menggunakan Linkedin sebagai saluran untuk berita, siaran pers dan lowongan pekerjaan. Anda juga akan dapat melihat siapa saja yang bergabung dan dari mana mereka berasal. Info ini sangat berharga jika Anda merencanakan karir Anda sendiri.

6. Follow people. Jangan pernah gengsi mem-follow orang lain. Dengan Anda mengikuti orang lain, sejatinya Anda sedang mengumpulkan insight melalui orang-orang yang Anda follow. Cara ini cukup cerdik karena Anda bisa mengumpukan informasi berdasarkan industri, pengusaha, lokasi dan lain sebagainya. Dengan cara ini Anda pun tidak akan ketinggalan berita, berbagai peluang, maupun posting tentang pekerjaan.

7. Embrace other social media platforms. LinkedIn memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan Twitter dan blog. Tools ini juga akan memberikan daya ungkit yang bagus ketika Anda juga terlihat aktif di berbagai social media dan memberikan kontribusi positif di sana.

8. Add applications. LinkedIn bukan hanya database online namun memiliki beberapa aplikasi baik seperti SlideShare, My Travel, Box.net, Portfolio Display and Events yang bisa memperlihatkan karya Anda. Jadi, biarkan dunia mengetahuinya.

9. Seek recommendations. Kekuatan rekomendasi ini sangat kuat. Ketika Anda mendapatkan banyak rekomendasi dari kolega, klien, bos atau atasan, jelas ini menjadikan poin tersendiri dari daya tawar Anda. Headhunter atau recruiters akan melihat ini sebagai salah satu kelebihan jika harus membandingkan dengan kandidat lain.

10. Adjust your settings.
Tip ini sangat mendasar. Silahkan ke bagian Pengaturan di kanan atas profil. Setting pengaturan Anda sesuai dengan kebutuhan. Di sini Anda dapat menentukan apakah Anda terbuka untuk semua Introduksi, Inmails, OpenLink Messages atau hanya Introduksi saja. Anda dapat mengatur siapa yang dapat mengirimkan Invites, dari siapapun atau kepada orang yang hanya mengetahui alamat email Anda. Terakhir, Anda dapat mengatur jenis apa pendekatan yang Anda ingin dengarkan; peluang karir, permintaan referensi, consulting offers dan lain sebagainya. Ingat, jika Anda lebih terbuka untuk semua jenis dan metode connecting, tentu saja akan lebih mudah bagi perekrut untuk menemukan Anda. (@erkoes)

Tags: , , ,