10 Kebohongan dalam Resume

Mulai sekarang, cobalah untuk jujur saat menuliskan riwayat hidup Anda. Sebagian besar praktisi HR (51%) menyatakan bahwa mereka akan secara otomatis menolak calon karyawan yang tidak jujur dalam menuliskan riwayat hidupnya.

Hal ini ditemukan berdasarkan survey yang dilakukan oleh Harris Poll melalui CareerBuilder terhadap 2.188 praktisi HR di Amerika Serikat. Para praktisi HR ini diminta untuk menyebutkan hal tidak jujur apa yang paling berkesan yang pernah mereka temukan pada lamaran calon karyawan. Apa saja hasilnya? Berikut pemaparannya.

– Pengalaman kerja yang sebenarnya adalah milik Ayahnya, namun mereka memiliki nama yang sama. Dimana salah satunya Sr. dan salah satunya Jr.

– Calon karyawan mengklaim bahwa ia adalah seorang asisten perdana menteri suatu negara yang ternyata tidak memiliki perdana menteri.

– Kandidat menyatakan bahwa ia pernah menjadi pemenang free throw bola basket semasa SMA, namun pada saat interview ia menyatakan bahwa itu tidak benar.

– Kandidat pernah memenangkan Olimpiade.

– Berdasarkan riwayat hidup diketahui bahwa pelamar pernah menjadi supervisor konstruksi, namun setelah ditanya lebih lanjut, ternyata pengalamannya sebatas membangun rumah untuk anjing beberapa waktu silam.

– Pelamar mengaku memiliki 25 tahun pengalaman kerja pada usia 32 tahun.

– Kandidat mengakui bahwa ia pernah bekerja selama 20 tahun sebagai babysitter selebriti terkenal seperti Tom Cruise, Madonna, dan sebagainya.

– Dalam riwayat hidup tertulis bahwa pelamar pernah bekerja selama tiga kali sebelumnya. Setelah mencoba mengontak tempat ia bekerja, pewawancara menemukan bahwa ia hanya bekerja dua hari pada perusahaan A, bekerja satu hari pada perusahaan B dan tidak pernah bekerja pada perusahaan C.

– Dalam riwayat hidup pelamar menuliskan bahwa ia mengundurkan diri dari posisi di pekerjaannya sebelumnya. Permasalahannya adalah  pada saat ini ia melamar pada posisi yang sama namun diperusahaan yang berbeda.

– Pelamar memasukkan dua lamaran untuk posisi yang sama dengan isi lamaran yang berbeda.

Baca juga: Tiga Kesalahan Menulis Resume

Lalu, siapa yang tidak jujur?

Survey ini juga mencari tahu, industri mana yang para praktisi HR-nya seringkali mengungkap ketidak jujuran. Rata-rata, 58% partisipan survey menyatakan bahwa mereka menemukan ketidakjujuran dalam lamaran yang masuk. Lalu, industri mana yang calon pelamarnya kerap kali menuliskan ketidak jujuran?

– Pelayanan keuangan, 75%

– Rekreasi dan perhotelan, 71%

– IT, 63%

– Pelayanan kesehatan, 63%

– Retail, 59%

Apa yang sering dibohongi?

Apa saja yang seringkali dituliskan tidak jujur dalam riwayat hidup? Berikut hasilnya.

– Keterampilan yang dimiliki, 57%

– Tanggung jawab yang pernah ditanggung, 55%

– Tanggal mulai dan berakhir kerja, 42%

– Jabatan pada pekerjaan sebelumnya, 34%

– Gelar akademik, 33%

– Klaim palsu dari perusahaan sebelumnya, 26%

– Penghargaan yang pernah diraih, 18%

Baca juga: 10 Langkah Mudah Membuat Resume

 

Tags: , ,