Rahasia Gen Y Mencapai Posisi Puncak

Posisi-posisi penting di sebuah perusahaan kini tak jarang sudah dipegang tangan-tangan muda,  performanya yang kadang masih dinilai kurang berpengalaman, ditampik dengan pembuktian-pembuktian cemerlang. Bagaimana cara mereka mencapai posisi itu di bawah usia 30 tahun? Simak langkah beberapa pimpinan Gen-Y yang dikutip dari majalah Fast Company berikut ini.

1. Pacu diri Anda menjadi seorang Leader

Terlepas apakah Anda bekerja di perusahaan orang lain atau berbisnis sendiri, tetapkan dirimu sebagai seorang pemimpin. Membangun diri Anda menjadi seorang Leader adalah upaya penting dalam berorganisasi. Apalagi bila Anda dikelilingi oleh rekan kerja dengan berbagai macam usia, performa Anda akan menjadi perhatian bagi mereka. Manfaatkan keahlian spesifik yang Anda punyai, biasanya dengan cara itu pemimpin-pemimpin muda mengatur timnya. Mau tidak mau, generasi muda harus mampu menunjukkan performa terbaiknya, agar tak dipandang sebelah mata.

Seperti yang dikatakan seorang CEO muda di Amerika Serikat, “Perlihatkan bahwa Anda benar-benar ahli di bidang Anda. Banyak orang yang berharap keahliannya akan tampak begitu saja oleh orang-orang yang berbisnis dengannya, pendapat tersebut adalah naif. Karena orang akan melihat Anda berdasarkan usia Anda, jadi Anda harus menunjukkan keterampilan dan kontribusi Anda sehingga Anda layak mendapatkan respek dari mereka,” ujar Emerson Spartz, CEO Spartz Media.

2. Terbuka terhadap masukan-masukan

Perlu diketahui ada sebuah pelajaran saat Generasi muda ini memasuki dunia professional, khususnya ketika Anda tiba-tiba mempunyai tim dan harus memimpinnya. Upayakan untuk terus terbuka dengan rekan kerja Anda, dan berterus-terang dengan “apa yang bisa” dan ‘apa yang tidak bisa Anda lakukan.” Joel Gross, CEO dari Coalition Technologies mengatakan “pada awal saya membuat sebuah kebijakan di perusahaan, saya harus menyadari bahwa saya tidak ahli dalam segala hal. Jadi dengarkan rekan kerja Anda dan klien Anda, jika perlu terapkan perubahan yang terbaik sehingga Anda mendapatkan respect dari rekan kerja dan klien Anda,” tutur Gross.

3. Aktif di komunitas

Anggaplah Anda sudah berhasil mendapatkan langkah awal yang bagus di pekerjaan Anda, namun jangan berhenti di situ. Kembangkan terus kemampuan Anda untuk mendapatkan pengalaman di luar kantor, seperti memperluas jaringan dan berbicara di depan forum.

“Dengan terus memberikan presentasi, menjadi dosen tamu, atau menjalani interview, dapat melatih Anda menjadi lebih baik menangani klien dan rekan kerja Anda di kantor,” ujar Shaun Walker, pendiri HERO Farm. Terlebih memperluas jaringan dan aktif di komunitas seperti itu akan meningkatkan pengakuan terhadap diri Anda.

“Semakin banyak Anda aktif di luar sana, maka Anda akan mendapatkan pengakuan lebih. Sehingga umur Anda tidak lagi menjadi persoalan karena Anda sudah mendapatkan pengakuan dari orang-orang,” tambah Reid Stone, CEO dari HERO Farm.

Tags: ,