Purpose-oriented Worker: Ternyata Mereka Memang Ada!

windows-690516_640

Tahukah Anda bahwa ternyata ada orang yang termotivasi untuk bekerja bukan karena uang ataupun promosi. Melainkan termotivasi untuk memberikan pengaruh dan memenuhi tanggung jawab dalam bekerja. Mereka fokus dalam bekerja namun selalu mencari cara untuk membuat pekerjaan yang mereka lakukan bernilai dan bermakna. Mereka inilah yang dikatakan orang-orang yang purpose-oriented workers.

windows-690516_640

Purpose-oriented workers merupakan pekerja yang memprioritaskan makna dan nilai pekerjaan mereka dibandingkan uang ataupun status. Menariknya mereka yang purpose-oriented ternyata bukanlah mereka yang bekerja tanpa tanda jasa seperti guru ataupun pekerja sosial. Akuntan, pengacara, asisten, pramuniaga dan cleaning service merupakan para pekerja yang purpose-oriented.

Baca juga: Karyawan Lebih Mencari Tujuan daripada Promosi

Hal ini diungkapkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh Imperative yang bekerja sama dengan NYU. Hasil studi juga menunjukkan bahwa mereka yang purpose-oriented merupakan mereka yang highest performers dan paling dermawan di antara yang lainnya tanpa memperhatikan tingkatan pekerjaan mereka.

Sayangnya, para pekerja yang purpose-oriented ini ternyata kurang difasilitasi oleh perusahaan. Merekalah yang membangun ekonomi perusahaan, namun orang-orang di departemen human resource dan development and management tidak memperhatikan mereka.

Baca juga: Gaji Bukan Alasan Utama Tinggalkan Pekerjaan

Banyak orang yang masih meyakini bahwa motivasi seseorang dalam bekerja adalah uang, promosi dan ego. Padahal masih ada hal lain yang dapat membuat seseorang termotivasi dalam bekerja. Mulailah perhatikan siapa saja yang bekerja dengan purpose-oriented. Mungkin Anda adalah salah satunya. (*)