Pura-pura Sakit untuk Bolos Kerja? Hati-hati!

Untuk Anda yang sering berpura-pura sakit untuk bolos kerja, mulai sekarang Anda harus berhati-hati. Sebuah survey terbaru menemukan bahwa para boss di Inggris akan memperhatikan kesehatan para pekerjanya mempergunakan aplikasi kesehatan. Hal ini dilakukan agar para pekerja tidak berpura-pura sakit untuk tidak masuk kerja. Ketika ada pekerja yang tidak masuk karena sakit, para boss ini akan mengecek aplikasi kesehatan mereka untuk membuktikan apakah mereka benar-benar sakit ataukah tidak.

Berdasarkan survey yang dilakukan, seperti yang dilansir dari Workplace Savings & Benefit, 55% dari 619 boss di Inggris yang berpartisipasi dalam survey ini menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan teknologi ini untuk mencari tahu kebenaran alasan sakit yang diungkapkan para pekerjanya.

Mayoritas dari para boss ini (72%) menyatakan bahwa mereka memberikan ponsel pada pekerjanya. Lalu sebanyak 63% menambahkan bahwa mereka membuat para pekerjanya tetap fit dan sehat dengan memberikan penawaran:

Baca juga: 30% Pekerja gunakan “sakit” sebagai alasan tidak ngantor

– Menyarankan untuk bersepeda ke kantor (34%)

– Keanggotaan di pusat kebugaran (21%)

– Healthy challenges (7%)

– Smart watches, health apps and allowance; atau membelikan barang untuk membuat para pekerja tetap fit dan sehat (7%)

Para boss yang menjadi responden survey juga mengungkapkan bahwa ketika ada pekerja yang izin karena sakit, sebagian menyatakan, bahwa mereka akan mengecek aplikasi kesehatan ataupun smart watches para pekerja untuk mengetahui apakah mereka menyatakan hal yang jujur. Namun ternyata, hanya 6% pekerja yang mengizinkan boss mereka untuk mengecek data kesehatan mereka dari aplikasi kesehatan ataupun jam pintar tersebut.

Menurut Ken Jones, selaku Presiden Direktur dan CEO dari Astellas Pharma EMEA, perusahaan harus memikirkan kesehatan dan kesejahteraan para pekerjanya dengan serius. “Dalam melakukan survey pada setiap perusahaan, kami juga mengukur sejauh mana perusahaan mengarahkan para pekerjanya untuk hidup sejahtera dan sehat.”

“Berdasarkan pengalaman saya, untuk menjalankan bisnis dengan sukses pertama-tama Anda harus yakin dan percaya dengan pekerja Anda. Yakin bahwa mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dan percaya bahwa mereka akan bekerja dengan baik,” tambah Jones.

Baca juga: Menghadapi Karyawan yang sering sakit

Tags: ,