Program Talent Management yang Sukses itu Kriterianya Apa Saja?

HCNC PPM 2015

Tak disangkal talent management sudah menjadi isu global. Sebuah lembaga riset di Hong Kong, meneliti para CEO di perusahaan global dan menanyakan kepada top executive ini apa sebetulnya yang menjadi perhatian mereka, maka dari hasil riset tersebut selama tiga tahun terakhir, ternyata talent management posisinya naik turun di peringkat 3 teratas. Isu talent global inilah selama dua hari diangkat oleh Program Manajemen Event-PPM Manajemen dalam acara “Human Capital National Conference (HCNC)  2015” yang mengambil tema “Global Talent Enggagement & Development” di Solo, 18-19 November 2015.

HCNC PPM 2015

Menurut Octa Melia Jalal, SH., MM., MA. (Senior Staff Profesional PPM Manajemen) penerapan talent management di perusahaan-perusahaan nasional dan BUMN masih perlu mendapat perhatian serius. “Mereka ini belum menerapkan talent management secara keseluruhan, misalnya saja mereka ini sebetulnya sudah punya kompetensi, ada di antara mereka ini sudah menerapkan sistem rekrutmen berdasarkan kompetensi, tapi lebih mikro lagi yang melakukan development berdasarkan hasil asesmen masih jarang, apalagi yang dikaitkan dengan performance management yang memperhitungkan perilaku mereka dengan kinerja yang dihasilkan, jumlahnya lebih sedikit lagi,” papar Mia.

Yang ingin ditekankan dalam kegiatan konferensi nasional ini, imbuh Mia, perusahaan nasional dan BUMN harus mulai aware karena perusahan-perusahan asing akan masuk, dan kalau kita tidak siap jangan salahkan kalau peluang di dalam negeri sendiri akahirnya diambil oleh orang lain. “Kasihan jika perusahaan-perusahaan nasional, apalagi BUMN-BUMN yang harus menjadi concern kita bersama karena aset-aset negara ada di tangan mereka. Kalau perusahaan multi nasional sih gak masalah karena mereka banyak duit dan mereka bisa belajar ke mana saja,” tambah Mia.

Menjawab pertanyaan talent management yang sukses itu kriterianya apa saja? Mia menjelaskan dalam paparan video berikut ini:

Tags: , , , ,