Pingin Team Work Solid? Coba Dengerin ‘Yellow Submarine’-nya Beatles!

beatles-yellow-submarine

Ternyata, pekerja yang mendengarkan lagu yang menyenangkan (happy songs), dapat membangun kerja sama tim yang lebih baik. Bagaimana bisa? Simak hasil penelitian yang dilakukan oleh Cornell University berikut ini.

beatles-yellow-submarine

Para peneliti dari Cornell University ingin mengetahui bagaimana musik dapat mempengaruhi perilaku pekerja. Dalam penelitian ini sebanyak 188 orang partisipan dibagi dalam tiga grup.

Grup pertama diperdengarkan lagu bahagia, grup kedua diperdengarkan lagu heavy metal dan grup ketiga tidak diperdengarkan lagu apapun. Dalam grup tersebut, setiap partisipan diberikan token yang memiliki nilai uang. Kemudian setiap partisipan diberikan kesempatan untuk menyumbangkan token yang mereka miliki bagi keperluan kelompok mereka atau menyimpan token tersebut untuk keperluan pribadi.

Hasilnya, kelompok yang diperdengarkan lagu Yellow Submarine – The Beatles, Walking on Sunshine – Katrina and the Waves, Brown Eyed Girl – Van Morrison dan lagu tema Happy Days, memiliki kecenderungan untuk menyumbangkan token mereka untuk meningkatkan jumlah token kelompok mereka. Sedangkan mereka yang diperdengarkan musik heavy metal dan tanpa musik lebih cenderung menyimpan token mereka untuk keperluan pribadi.

Kevin Kniffin, selaku penulis artikel, menyatakan bahwa manager harus memperhatikan hal-hal sederhana seperti memperdengarkan lagu saat bekerja untuk meningkatkan kerja sama tim. Mungkin perusahaan sudah mengeluarkan banyak uang untuk team building demi meningkatkan kerja sama tim. Padahal, hal sederhana seperti memperdengarkan lagu bahagia sudah cukup untuk meningkatkan kerja sama tim Anda. Apakah Anda tertarik mencobanya? (*)