Perusahaan Tidak Akan Maju Kalau HR-nya Tidak Maju

paulus bambang ws PPM

paulus bambang ws 

Karyawan atau pegawai bukan ‘SumberDaya (Resources)’ tapi mereka adalah ‘Manusia (Human)’.  Mereka harus diperlakukan sebagai mitra kerja alias manusia kontributor yang memberi nilai tambah pada produk dan jasa bukan hanya memberi biaya tambah. Demikian diiutarakan oleh Paulus Bambang WS, Direktur PT Astra International dalam kesempatan booktalk As CEO Soulmate di PPM beberapa waktu yang lalu.

Paulus menambahkan, peran people dalam suatu perusahaan begitu penting sehingga perusahaan tidak akan maju apabila pengelolaan HR-nya tidak baik. Posisi HR karena itu menjadi semakin strategis, bahkan Paulus menyarankan para manajer bila ingin menjadi CEO sebaiknya belajar di HR dulu. “Banyak direksi HR Astra yang kemudian menjadi CEO,” kata Paulus.

Apabila dulu HR disarankan untuk memahami strategi bisnis, lalu menyusun strategi HR yang sesuai dengan strategi bisnis tersebut, kini bahkan HR dituntut untuk bisa membuat strategi bisnis bersama-sama CEO.

Dalam manajemen talent, Paulus menguraikan pendekatan TEMPO seperti yang telah ditulisnya dalam buku As CEO’s Soulmate, berikut ini:

1. Talent identification;

2. Environment readiness;

3. Mentoring program;

4. Pilot testing field;

5. Opportunity to try new things.

Baca juga: Summary on Talent Management 4.o: TEMPO

paulus bambang ws PPM

Pendekatan TEMPO ini pernah ditulis Paulus dalam rubrik Good Morning Partner di PortalHR. Sebagian dari artikel di rubrik tersebut dibukukan dalam buku  “As CEO’S Soulmate”Peran Baru Praktisi SDM Landskap Baru Bisnis Global.

Baca juga: Belahan Jiwa CEO, peran anyar Praktisi SDM

 

Tags: ,