Mana Lebih Baik, Prokrastinasi vs Prekrastinasi?

meetings-1149198_640

Jika prokrastinasi adalah penundaan, maka prekrastinasi adalah sebaliknya. Orang-orang yang mulai mengerjakan suatu hal lebih awal, tidak mempergunakan sistem kebut semalam, merupakan orang-orang yang termasuk dalam kategori prekrastinator. Mengerjakan suatu hal lebih awal akan membuat selesai lebih cepat pula. Namun jangan bur-buru menghakimi bahwa prekrastinasi ini lebih baik daripada prokrastinasi. Setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk kedua hal tersebut.

meetings-1149198_640

Perlu Anda ingat bahwa prokrastinasi tidaklah selamanya buruk. Prokrastinasi yang tepat ternyata dapat menghasilkan ide yang lebih cemerlang. Katakanlah Anda sudah memulai mengerjakan suatu hal, lalu mengalami stuck. Mengesampingkannya terlebih dahulu akan lebih baik daripada Anda memaksakan untuk menyelesaikannya. Hal inilah yang dilakukan oleh Adam Grant.

Baca juga: 5 Alasan Ilmiah Seorang Suka Menunda-nunda Pekerjaan

Adam Grant, penulis artikel “Why I Taught Myself to Procrastinate” yang dipublikasikan dalam The New York Times, memutuskan untuk menunda mengerjakan tulisannya. Tiga minggu kemudian ia baru melanjutkannya kembali. Hasilnya penundaan yang dilakukannya ternyata memberikannya sudut pandang dan nuansa yang baru saat menulis. Dalam hal ini, prokrastinasi membantunya menghasilkan ide yang lebih cemerlang.

Prekrastinasi pun tidaklah selamanya baik. Salah satu murid Grant, Jihae Shin, melakukan sebuah eksperiman mengenai prokrastinasi dan prekrastinasi. Dalam eksperimen ini Jihae, yang seorang professor di University of Wisconsin, meminta partisipan untuk menciptakan ide bisnis. Beberapa diantaranya langsung mengerjakannya dan beberapa diantaranya diberikan waktu untuk memainkan game Minesweeper atau Solitaire.

Baca juga: Kebiasaan Menunda Bisa Tingkatkan Efesiensi, Kok Bisa?

Setelah semua partisipan mengumpulkan ide mereka, tim penilai kemudian memberikan penilaian mengenai orisinalitas ide bisnis tersebut. Hasilnya, mereka yang main Minesweeper terlebih dahulu menghasilkan ide yang 28% lebih kreatif dibanding mereka yang langsung mengerjakan.

Langsung mengerjakan ataupun menunda sejenak memang menjadi pilihan masing-masing individu. Selama penundaan yang terjadi tidak terlalu parah, sepertinya akan memberikan hasil yang lebih baik. Jadi, Anda ingin langsung bekerja atau main Minesweeper dahulu hari ini? (*)