Berselancar di Web Meningkatkan Produktivitas

Tak perlu sembunyi-sembunyi lagi dari atasanmu ketika sedang berselancar di web, karena hasil penelitian baru-baru ini menemukan, aktivitas browsing dapat meningkatkan produktivitas.

Penelitian yang dilakukan National University of Singapore (NUS) belum lama ini menemukan bahwa, pekerja yang melakukan browsing akan lebih tersegarkan dan produktif dalam mengerjakan tugasnya.

Menghabiskan waktu di internet ternyata lebih memulihkan perhatian dan tidak mengganggu, dibanding aktivitas yang lain seperti melakukan panggilan telepon pribadi, SMS atau email, atau bekerja tanpa jeda sama sekali.

Dalam penelitian itu dilakukan dua tes. Pada tes pertama, periset Don Chen dan Vivien Lim dari NUS, membagi 96 sukarelawan ke dalam tiga kelompok: kelompok yang browsing internet, kelompok yang beristirahat, dan kelompok kontrol. Semua responden tersebut menghabiskan 20 menit menandai huruf “E” yang dapat mereka temui dalam teks sampel.

Selama 10 menit berikutnya, kelompok kontrol ditugaskan tugas sederhana lainnya sementara kelompok yang beristirahat dapat melakukan apapun yang mereka suka, kecuali browsing internet. Hanya kelompok ketiga yang boleh berselancar di web. Kemudian semua responden diminta menghabiskan 10 menit lagi menandai lebih banyak huruf dalam teks sampel yang lain.

Periset menemukan mereka yang browsing internet tingkat kelelahan mental dan kebosanannya lebih rendah, sedangkan tingkat engagement-nya lebih tinggi dibanding kedua kelompok yang lain.

“Orang-orang biasanya lebih suka mengunjungi situs-situs web yang mereka suka, hal itu seperti pergi ke cafe atau rehat snack. Break yang seperti itu menyenangkan, dan menyegarkan kembali,” kata Lim seperti dikutip dari Human Resources Online.

Penelitian kedua, yang mensurvey 191 orang dewasa, menemukan bahwa mengirim email personal, sebaliknya malah mengganggu konsentrasi karyawan karena mereka tidak bisa mengontrol email yang mereka terima.

Lebih jauh Lim menambahkan, membaca dan membalas pesan “secara kognitif lebih menuntut,” dibanding berselancar di web karena individu harus berkonsentrasi pada isi email.

Para periset menganjurkan kepada perusahaan yang membatasi akses pekerja ke internet agar para karyawan diberikan waktu terbatas saja untuk personal web browsing, karena hal ini ternyata dapat meningkatkan produktivitas. Periset juga menambahkan, perusahaan boleh mengurangi waktu yang dihabiskan untuk email personal.