Apakah Anda Seorang Karyawan Bintang?

Setiap orang memiliki karakter spesifik yang dapat dikembangkan untuk membantu kesuksesan organisasi. Akan tetapi, pembelajaran yang berkelanjutan tetap diperlukan agar kita dapat meningkatkan kualitas diri, menjadi seorang karyawan yang unggul dan berkontribusi bagi perusahaan.

Ada beberapa  karakter yang merupakan ciri seorang karyawan unggulan atau sering disebut karyawan bintang. Jika Anda memiliki ciri sebagai berikut, maka Anda adalah karyawan unggulan menurut comerecommended.com:

1. Mereka menetapkan standard

Karyawan bintang tentunya bukan sesorang dengan kapabilitas rata-rata. Mereka menetapkan standard  tentang bagaimana seharusnya karyawan yang baik bersikap. Mereka akan menerobos kebuntuan dan memberikan jalan keluar yang merupakan cara penyelesaian baru bagi perusahaan.

2. Mencerminkan nilai-nilai yang dianut perusahaan

Karyawan unggulan adalah mereka yang dalam dirinya membaur nilai-nilai perusahaan. Mereka tidak seperti sedang berusaha untuk menjalankan value, melainkan value tersebut lebih mirip sifat alami mereka. Setiap perusahaan yang memiliki company culture yang kuat akan mencari talent yang memang memiliki karakter sesuai dengan budaya yang dianut tersebut.

3. Mereka Pandai mengatur frekuensi

Setiap orang memiliki ego dan keinginan, memiliki kehendak untuk terlibat secara intensif atau  justru sebaliknya. Salah satu ciri karyawan teladan adalah mengerti kapan saat ia harus mengerem atau  terlibat secara intensif ketika mereka dihadapkan pada situasi tertentu.

4. Mereka tidak pernah menyampaikan komplain di depan publik

Penting bagi seorang karyawan untuk memahami bagaimana cara menyampaikan komplain secara profesional. Selain tidak etis, menyampaikan komplain secara frontal di depan publik juga membahayakan perusahaan. Untuk isu-isu sensitif dalam perusahaan, sebaiknya disampaikan secara privat dan tepat sasaran.

5. Mereka bekerja untuk kebaikan lebih banyak pihak

Seorang karyawan yang kompeten, akan memahami peranannya dalam tim. Ia akan meredam egonya untuk menyukseskan tim, dan terlebih lagi untuk kemajuan perusahaan tempat ia bekerja. Mereka senang bekerja untuk kebaikan banyak pihak dibandingkan mementingkan diri sendiri.

6. Mereka tahu bagaimana memberi dan menerima hadiah dari orang lain

Karyawan yang baik, akan mengerti bagaimana menghargai kerja orang lain. Mereka tahu kapan harus memberikan hadiah atau bentuk penghargaan apapun kepada yang memang berhak. Di lain sisi, mereka juga tahu bagaimana dengan rendah hati menerima hadiah dari orang lain.

7. Mereka dapat mengatasi kritik

Beberapa orang menyebut kritik sebagai tamparan yang membuat mereka tersadar. Meskipun rasanya tidak menyenangkan, tetapi karyawan yang baik mampu menyikapi kritik dengan baik, mampu menggunakan kritik tersebut sebagai acuan untuk introspeksi diri.

8. Mereka memiliki selera humor yang bagus

Stress atau emosi negatif yang muncul akibat penat bekerja, biasanya lebih mudah direduksi dengan humor atau lelucon. Karyawan yang dapat tertawa pada candaan-candaan dan dapat juga membuat orang tertawa dengan cara yang tidak berlebihan berpotensi menjadi karyawan unggulan.

9. Mereka adalah problem-solver

Karyawan super adalah orang yang pantang menyerah dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh organisasi. Mereka akan bekerja keras untuk mencari solusinya tanpa perlu diminta.  Karyawan seperti itu akan muncul di saat-saat yang tepat, ketika organisasi benar-benar membutuhkannya.

10. Mereka dapat dipercaya

Tentunya, karyawan yang dapat dipercaya bukanlah yang menebarkan gosip tentang perusahaan ke mana-mana. Mereka adalah karyawan yang memiliki hati jujur dan dapat dipercaya.

Tags: , , ,