9 Karakteristik High Performance Team

teams

Tahukah Anda bahwa salah satu hal yang dicari oleh investor adalah all-star team. Namun apa itu sebenarnya all-star team? All-star team sama halnya dengan HPTs atau high-performance teams.

HPTs merupakan suatu kelompok ataupun organisasi yang sangat berfokus pada tujuan mereka dan mampu menampilkan hasil yang superior. Terdengar sangat hebat bukan?

teams

Sumber image: blog.weekdone.com

Sebelum Anda membentuk tim Anda menjadi high-performance team, ada baiknya Anda mengetahui karakteristik high-performance team itu sendiri. Terdapat (9) sembilan karakteristik yang membangun high-performance team yaitu:

1. Talent Magnet

Untuk membuat tim yang kuat, tentu saja Anda harus membentuk tim yang diinginkan oleh orang lain. Contohnya seperti yang dilakukan Google. Google merekrut para pekerjanya berdasarkan passion, kecerdasan dan mereka yang mampu mempelajari pola pikir hewan. Tujuan mereka tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencari mereka yang menyukai tantangan dan bisa menunjukkan kemampuan mereka.

2. Healthy Heated Debates

Perdebatan tidak membuat HPTs terpecah. Justru perdebatan akan membuat mereka lebih kuat dan menyatu. Berdasarkan artikel yang dipublish Gallup, setiap anggota tim HPTs berkontribusi dengan porsi yang sama dalam diskusi. Tugas seorang pemimpinlah yang memastikan bahwa setiap orang mengutarakan pendapatnya dan mendapatkan porsinya.

Baca juga: Awas, 10 Tanda-tanda Tim Anda Tidak Produktif!

3. Diversity

Tahukah Anda bahwa perbedaan yang terjadi dalam timlah yang membuat setiap orang engage. Pastikan bahwa tim yang akan dibentuk memiliki orang-orang yang berbeda dari segi usia, jenis kelamin, bahkan ras.

4. Mind Reading

Bukan berarti Anda harus menyewa peramal untuk bergabung dalam tim. Carilah mereka yang mampu mengelola emosi mereka. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti M.I.T., diketahui bahwa mereka yang memiliki skor EQ tinggi lebih mudah bekerja sama dan bekerja lebih efektif.

5. More Women

Menambah porsi anggota wanita ternyata cukup untuk membangun HPTs. Hal ini dikarenakan wanita mampu membaca pikiran orang lain lebih baik dibandingkan pria.

Baca juga: 4 Cara Membangun Kepercayaan dari Anggota Tim

6. Laser-like Focus on Goals

Pastikan tujuan yang ingin diraih jelas dan diketahui dengan baik oleh seluruh anggota tim. LinkedIn, Google dan Intel mempergunakan metode Objective and Key Results untuk mengukur pencapaian tujuan mereka.

7. Doing Your Best Every Day

Yakinkan diri Anda, dan anggota tim Anda juga tentu saja, bahwa mereka melakukan yang terbaik setiap harinya. Pemimpin harus membantu anggotanya untuk menemukan kelebihan setiap anggotanya masing-masing dan memberikan tugas sesuai kelebihan mereka.

8. Work-life Balance

Kebanyakan tim yang sukses memiliki anggota tim yang mampu menyelaraskan karir dan kehidupan pribadi mereka. Carilah mereka yang berkomitmen dengan pekerjaan mereka dan mampu menghabiskan waktu bersama orang terdekatnya.

9. Group Engagement Outside Formal Meetings

Prediktor produktivitas terbaik menurut M.I.T. Human Dynamics Laboratory adalah kekuatan dan engagement di luar meeting formal. Seorang pemimpin harus memastikan bahwa anggotanya tetap memiliki hubungan yang baik di luar hubungan mereka dalam tim. (*)