10 Tanda Anda Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Apakah atasan Anda terlalu menuntut, atau mungkin Anda lelah dengan tugas yang monoton, atau Anda sudah merasa stres dengan pekerjaan yang begitu banyak, sehingga bukan hanya kelelahan fisik yang Anda rasakan, tetapi juga tekanan mental yang membuat Anda lemas ketika hendak melangkah ke kantor.

Bagaimana Anda mengenali gejala-gejalanya? Mengutip Positivesharing.com inilah 10 gejala ketidakpuasan Anda di tempat kerja, Anda sebagai HR juga perlu mengenali gejala-gejala berikut ini:

1. Sering Menunda-nunda

Anda sudah benar-benar mencoba untuk mendapatkan pekerjaan untuk diselesaikan, namun entah mengapa Anda tidak pernah bisa menyelesaikannya tepat waktu. Banyak orang melihat menunda-nunda sebagai kelemahan pribadi, padahal hal itu mungkin saja hanyalah gejala ketidakbahagiaan Anda.

2. Anda Menghabiskan Waktu untuk Mengkhawatirkan Senin Pagi

“Saya tidak pernah tidur yang berkualitas di hari Minggu malam, karena saya khawatir akan bekerja pada Senin pagi. Saya sangat stres dengan pekerjaan saya, dan harus bersiap-siap untuk kembali ke hari Senin,” ujar salah satu sumber. Salah satu hal terburuk juga ketidakbahagiaan itu telah masuk ke dalam waktu libur Anda. Kerap kali Anda sulit untuk bersenang-senang, dan bersantai ria di akhir pekan.

3. Anda Benar-benar Bersaing Mengenai Gaji

Anda tidak menyukai pekerjaan itu sendiri. Sehingga Anda hanya terfokus pada gaji dan tunjangan, bukan pada pekerjaan Anda. Alasan yang sederhana ketika pekerjaan tidak memberikan Anda kebahagiaan, Anda hanya ingin mendapatkan sesuatu yang lain selain dari hasil yang berkualitas dari pekerjaan Anda.

4. Anda Tidak Merasa Seperti Membantu Rekan Kerja

Rekan sesama tim Anda mungkin sedang berjuang dalam pekerjaannya, namun Anda tidak benar-benar membantunya. Studi psikologis yang sangat menarik mulai menempatkan subjek di antara suasana hati yang baik atau suasana hati yang buruk. Hasilnya, ketika Anda berada dalam suasana hati yang buruk, maka kecil kemungkinan untuk membantu orang lain.

5. Hari Kerja Terasa Panjang

Hal pertama yang Anda lakukan di pagi hari ialah, menghitung jumlah jam kerja Anda sampai pulang dari kantor. Ironisnya, hal ini membuat hari kerja Anda terasa lebih lama.

6. Tidak Memiliki Teman di Tempat Kerja

Dalam sebuah studi menyatakan, salah satu faktor terkuat yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang di tempat kerja adalah memiliki setidaknya satu teman dekat di tempat kerja.

7. Tidak peduli dengan Apapun

Adapun hal yang baik atau hal buruk yang terjadi di tempat kerja, Anda benar-benar tidak peduli. Buktinya, kerap kali Anda hanya memikirkan tentang diri Anda dan tidak begitu memikirkan mengenai tempat kerja Anda sendiri.

8. Hal Kecil Bisa Mengganggu Anda

Gangguan-gangguan kecil mungkin mulai mengganggu kinerja Anda. Seperti seseorang mengambil terlalu banyak ruang di tempat parkir, atau saat rekan Anda berbicara terlalu keras di bilik sebelah.

9. Mencurigai Niat Orang Lain

Tidak peduli apa yang dilakukan orang lain, yang menjadi pertanyaan pertama Anda ialah “Apa yang mereka lakukan?” Baik atau buruk, besar atau kecil keputusan dan tindakan yang dibuat oleh rekan kerja dan manajer terkesan mencurigakan. Studi menunjukkan bahwa Anda lebih curiga terhadap orang lain ketika Anda tidak bahagia

10. Gejala Fisik

Anda mengalami Insomnia, sakit kepala, tidak semangat, ketegangan di otot atau gejala fisik lainnya. Studi menunjukkan bahwa ketika Anda tidak bahagia di tempat kerja, Anda lebih rentan mengalami gejala-gejala stres fisik.

Tags: ,