10 Cara Menyelesaikan 90% Pekerjaan Sebelum Jam Makan Siang

Jika Anda merasa bahwa pekerjaan di kantor rasanya tidak habis-habis, maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa Anda membutuhkan strategi baru untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Tahukah Anda bahwa orang yang sukses memiliki strategi khusus untuk membuat pekerjaan mereka terkesan habis. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan prinsip “90% pekerjaan harus selesai sebelum jam makan siang.” Singkatnya, pekerjaan dibuat lebih sederhana dan dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat. Jika Anda berhasil mempraktikkan strategi ini, maka Anda bisa menikmati jam kerja yang lebih lengang setelah jam makan siang.

1. Lakukan Semua Kegiatan Menulis pada Pagi Hari

Berdasarkan suatu studi ditemukan bahwa menulis dapat membantu otak lebih fokus dan meningkatkan produktivitas. Hal inilah yang mendasari para praktisi time-management dalam menyarankan untuk menulis semua hal secara berurutan agar lebih mudah diingat. Jika menulis agenda, laporan, memo ataupun hal lain yang berkaitan dengan menulis adalah pekerjaan sehari-hari Anda, maka mulai sekarang lakukanlah pada pagi hari.

Baca juga: Berselancar di web tingkatkan produktivitas

2. Atur Alarm untuk Istirahat

Mungkin akan terkesan tidak produktif jika tiap saat Anda beristirahat. Namun nyatanya, istirahat sejenak dari apa yang sedang Anda lakukan merupakan cara terbaik untuk mengisi tenaga dan meningkatkan fokus Anda. Caranya, aturlah alarm ponsel, jam tangan atau apapun pada waktu yang sama setiap harinya. Ketika alarm berbunyi, maka itu adalah pertanda bahwa Anda harus beristirahat. Anda bisa melakukan stretching ringan, berkeliling kantor atau membuat secangkir kopi. Namun jangan lupa untuk membatasi waktu istirahat Anda. Lima sampai 10 menit sekiranya sudah cukup.

3. Rencanakan pada Malam Hari

Setiap malam sebelum Anda pergi tidur, tulislah daftar pekerjaan yang akan Anda kerjakan keesokan harinya. Jangan lupa estimasikan lama waktu pengerjaannya. Keesokan harinya, jangan lupa untuk mencoret setiap pekerjaan yang sudah diselesaikan. Jika masih ada pekerjaan yang belum terselesaikan, pastikan keesokan harinya pekerjaan itulah yang pertama kali Anda selesaikan.

4. Ambil Keputusan dengan Cepat

Ketika Anda dihadapkan pada suatu pilihan dan harus membuat keputusan, pastikan keputusan Anda tersebut dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit. Hal ini dikarenakan keputusan pertama yang tercetus dalam benak Anda biasanya adalah keputusan yang tepat. Semakin lama Anda mengambil keputusan, semakin banyak waktu yang Anda habiskan.

5. Tetapkan Aturan 80/20

Hasil suatu studi menunjukkan bahwa dari 80% yang Anda lakukan setiap harinya, hanya 20% yang akan Anda hasilkan. Sehingga memilah-milih pekerjaan mana yang harus diselesaikan cepat dan mana yang bisa diselesaikan nanti dengan tepat dapat meningkatkan produktifitas Anda.

6. Balas Email Setelah Jam Makan Siang

Aktifitas sarapan, membaca koran ataupun berolahraga akan tertunda jika ketika bangun tidur, email adalah hal yang Anda cek pertama kali. Jika memungkinkan, usahakan untuk membalas email setelah jam makan siang. Ini membuat Anda fokus dalam mencerna dan membalas email, sehingga email yang Anda kirimkan pun berkualitas.

7. Stop Multitasking

Daripada mencoba untuk menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus, lebih baik fokus mengerjakan satu pekerjaan terlebih dahulu. Semakin banyak yang Anda kerjakan, semakin menurunkan produktivitas Anda. Alangkah lebih baiknya jika Anda menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, lalu mengerjakan pekerjaan lainnya.

8. Bersihkanlah Meja Kerja Anda

Segala hal yang berantakan dapat mengalihkan pikiran Anda. Sticky note yang kemarin Anda tempel dapat mengalihkan pikiran Anda. Ingatlah untuk selalu membersihkan meja kerja Anda sebelum Anda pulang. Buanglah sticky note yang sudah tidak dipergunakan. Atau tempelkan sticky note tersebut dalam agenda Anda. Lingkungan kerja yang bersih juga dapat membantu Anda berpikir lebih jernih.

9. Bangun Lebih Pagi

Berdasarkan hasil studi ditemukan bahwa mereka yang bangun lebih pagi biasanya lebih produktif daripada mereka yang bangun terlambat. Jadi jika Anda ingin hari Anda produktif, mulailah dengan bangun lebih pagi.

10. Kurangi Hal-hal yang Sifatnya Mengganggu

Jika Anda ingin produktif, salah satu tips sederhananya adalah dengan mengurangi hal-hal yang sifatnya menggganggu. Jika Anda tidak ingin diganggu, beritahu rekan kerja Anda bahwa Anda sedang tidak ingin diganggu. Jika mendengarkan musik membuat Anda lebih fokus, pergunakanlah headphone. Semua hal yang sekiranya akan mengganggu Anda, alangkah lebih baiknya jika diletakkan pada tempat yang tidak mudah terlihat.

Baca juga: Lingkaran setan engagement dan produktivitas