Peraturan Unik CEO Amazon Saat Meeting

Siapa yang tidak kenal Jeff Bezos? CEO dari Amazon ini ternyata punya cara unik untuk membuat meeting di kantor Amazon menjadi menarik. Caranya adalah dengan menyediakan pizza.

Bezos punya peraturan unik untuk mengukur seberapa banyak orang yang perlu datang saat meeting, yakni dengan peraturan Two Pizza Rule. Artinya, jika setiap orang tidak mendapatkan dua slice pizza, maka terlalu banyak orang yang datang dalam meeting tersebut. Hal ini bermakna bahwa hal penting yang membuat suatu meeting produktif adalah jumlah orang yang hadir. Dalam kasus Bezos, artinya setiap meeting akan dihadiri antara lima sampai delapan orang.

Baca juga: 5 Tips untuk meeting lebih produktif

Tentu saja, melakukan meeting dengan delapan orang setiap kalinya tidak dapat cocok dengan semua jenis organisasi atau jenis meeting yang dilakukan. Two Pizza Rule tepat untuk diaplikasikan pada meeting yang sifatnya brainstorming atau problem solving, dimana yang dibutuhkan adalah kualitas output yang dihasilkan dibandingkan kuantitasnya. Peraturan ini bisa coba Anda terapkan di kantor ketika Anda perlu meeting untuk mengambil suatu keputusan. Karena untuk mencapai kesepakatan, alangkah lebih baiknya jika orang yang diajak sepakat jumlahnya tidak terlalu banyak.

Namun perlu Anda perhatikan, meeting yang sifatnya komunikasi satu arah, akan lebih baik jika dihadiri banyak orang. Misalnya, pengumuman progress pencapaian target perusahaan merupakan meeting yang harus dihadiri seluruh anggota perusahaan. Sama halnya jika perusahaan Anda berbentuk departemen, perwakilan setiap departemen harus datang, meskipun artinya Anda harus memesan lebih banyak pizza.

Dalam setiap kasus, peraturan yang diberikan oleh Bezos memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kebijakan meeting Anda. Banyak meeting yang pada akhirnya menjadi tidak produktif karena terlalu banyak yang hadir. Namun jika Anda merasa bahwa setiap orang perlu hadir dan memastikan bahwa setiap orang yang diharapkan hadir, maka meeting Anda bisa berubah menjadi lebih produktif.

Baca juga: Agar meeting tidak membunuh produktivitas

Tags: , , ,