Pandu Djajanto, Sosok Penting di Balik Transformasi BUMN

Pandu djajanto

Bicara soal transformasi di perusahaan pelat merah Indonesia pasti tidak lepas dari beberapa cerita yang mengemuka. Sebut saja Garuda Indonesia, PLN, dan PT KAI.

Garuda Indonesia berhasil bertransformasi dari sebuah airline yang mendekati kebangkrutan menjadi World Best Airline versi Skytrax. Dalam tayangan khusus BBC berjudul “Garuda Show How to Save A Failing Airline” Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda Indonesia bercerita tentang seorang penumpang GA dari Sydney ke Jakarta.

“Penumpang itu masuk dalam pesawat GA, kemudian tergopoh-gopoh keluar lagi. Seperti penumpang yang salah masuk kabin pesawat, dia bertanya “Is this Garuda Indonesia?” demikian cerita Emirsyah seperti dikutip dari laporan BBC tersebut.

Cerita itu menunjukkan bahwa perubahan di tubuh organisasi Garuda Indonesia telah terlihat oleh konsumennya. Pesawat yang baru, bersih dan wangi, pelayanan awak pesawat yang ramah dan hangat, jadwal keberangkatan yang on time. Keberhasilan Garuda ini tentu saja sangat membanggakan.

Cerita transformasi lain yang tak kalah mencengangkan muncul dari PT KAI (PT Kereta Api Indonesia). Perusahaan penyedia layanan kereta api ini berhasil meningkatkan pendapatan dari 3 trilyun menjadi 7 trilyun rupiah. Perlahan-lahan, konsumen pun nanti akan dapat merasakan perubahan di dalam tubuh perusahaan itu.

Semua perubahan di luar tersebut tidak luput dari inovasi-inovasi di dalam, yaitu pada pengelolaan SDM di BUMN. Salah satu tokoh penting di balik semua itu adalah Pandu Djajanto, Staff Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi di Kementrian BUMN.

“Saya mulai dari remunerasi. Saya lakukan perombakan. Kemudian selalu yang menjadi pegangan saya adalah pesan pak Dahlan tentang 3 C: character, competence, competitiveness,” demikian ujar Pandu ketika ditemui di ruang kerjanya di Kementrian BUMN.

Pria yang memajang koleksi rokok dari seluruh Indonesia di ruang kerjanya itu mengatakan, tidak hanya melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan SDM di BUMN, hal lain yang dilakukan adalah memanggil kembali putra-putra terbaik Indonesia untuk berkarir di BUMN.

Pandu Djajanto, salah satu tokoh penting dalam transformasi BUMN serta seorang sosok yang menarik, akan hadir sebagai salah satu pembicara PortalHR Summit 2013. Simak langsung cerita beliau dalam sesi berjudul “Transforming Organization into World Class Company though People” yang rencananya akan hadir bersama dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan dan Budi Gunadi Sadikin, Presdir Bank Mandiri.

 

Photo Courtesy: Detik.com

Tags: , , , ,