Pacaran di Kantor, Baik ataukah Buruk?

Anda tertarik dengan rekan kerja Anda? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Vault.com pada tahun 2014, sebanyak 56% praktisi bisnis di Amerika Serikat mengakui bahwa mereka pernah terlibat relasi romantis dengan rekan kerja mereka. Relasi romantis yang terjadi bisa secara singkat atau bahkan berakhir sampai ke pernikahan.

Namun ternyata tidak semua perusahaan menaruh perhatian lebih pada urusan percintaan para pekerjanya. Memiliki hubungan lebih dari sekedar rekan kerja dapat mengarahkan pada hal yang buruk. Bahkan dapat dikatakan melanggar peraturan yang, mungkin, sudah ditentukan oleh perusahaan. Meskipun begitu selama perasaan suka itu muncul, relasi romantis akan tetap terjalin.

Dalam sebuah ulasan di situs marieclaire.com, diungkapkan beberapa tips untuk membuat situasi relasi romantis tidak berakhir dengan menyakitkan ataupun membuat Anda dan pasangan Anda dipecat. Apa sajakah tips tersebut?

Baca juga: Lajang dan Sukses, 4 CEO Hebat ini membuktikannya

1. Jangan Memacari Boss Anda

Pertama-tama, hindarilah menjalin hubungan dengan orang yang memperkerjakan Anda. Memang ada kesempatan bagi boss Anda untuk memperlakukan pekerjanya dengan berbeda, tanpa mereka sadari. Namun jangan berharap bahwa hal tersebut adalah tanda bahwa Anda menarik hatinya.

2. Jangan Memacari Seseorang untuk Membuat Anda Mendapatkan Promosi

Jika Anda ingin mendapatkan promosi dengan cepat, yakinlah bahwa cara ini bukanlah cara yang tepat. Bukannya mendapatkan promosi, justru Anda bisa menjadi trending topic di kantor. Untuk mendapatkan promosi Anda harus meningkatkan kemampuan Anda dengan baik.

3. Cari Tahu tentang Kebijakan Berpacaran di Kantor

Mayoritas perusahaan skala menengah atau atas memiliki kebijakan tersendiri yang mengatur relasi romantis para pekerjanya. Sebelum Anda berniat untuk mencari pacar di kantor Anda, pastikan Anda mengetahuinya terlebih dahulu.

4. Jangan Bermesraan di Kantor

Anda dan rekan kerja Anda saling suka dan perusahaan ternyata tidak memiliki larangan untuk berpacaran dengan rekan kerja, Anda pun mulai menjalin hubungan romantis tersebut. Namun pastikan bahwa Anda tidak bermesraan saat di kantor. Entah saat jam kerja ataupun di luar jam kerja. Jika ingin bermesraan, Anda bisa pergi kencan dengan pasangan Anda.

5. Tidak Mengumbar-umbar Hubungan

Maksud dari mengumbar-umbar hubungan di sini, mungkin saja Anda atau pasangan Anda merasa tidak nyaman jika orang-orang di kantor mengetahui bahwa Anda berpacaran. Jika salah satu atau kedua belah pihak tidak merasa nyaman, maka alangkah lebih baiknya jika Anda menyimpannya berdua saja.

6. Bicarakan dengan Pasangan Anda Jika Hubungan Berakhir

Anda perlu membahas dengan pasangan Anda bagaimana jika hubungan Anda berakhir. Jangan sampai berakhirnya hubungan pacaran mempengaruhi kinerja Anda berdua.

Baca juga: Bolehkah Pacaran di Tempat kerja?

Tags: ,