UT, Menuju Kelas Dunia dengan Corporate Value

UT HR Cafe

 

Telah banyak contoh sukses dari sebuah organisasi yang mampu bertransformasi dimulai dengan adanya perubahan budaya perusahaan. Ini pula yang menjadi tonggak bagi United Tractor yang bergerak menuju perusahaan bertaraf  internasional. Apa saja yang dilakukan?

Di era perubahan yang begitu cepat seperti saat sekarang ini, diperlukan langkah-langkah jitu bagi sebuah organisasi dalam mengantisipasinya. Jika tidak, para pesaing akan melindas dan meninggalkan jarak yang susah untuk dikejar. United Tractor (UT), bisa jadi dulunya lebih dikenal sebagai perusahaan penyedia alat-alat berat, sesimpel supplier pada umumnya.

Merasa organisasi harus terus bergerak dan berinovasi dengan mengacu pada perubahan bisnis yang berkembang, UT lantas mengambil langkah-langkah strategis. Visi perusahaan pun dicanangkan untuk menjadi perusahaan bertaraf  internasional di bidang heavy equipment, mining dan energy.

“Untuk meraih visi tersebut, diperlukan perubahan strategi bisnis dari consumer-driven company menjadi solution driven company yang  diterjemahkan dalam program budaya perusahaan,” kata Eddhie Sarwono, Human Capital Director United tractor di hadapan para peserta HR Café 10th edition yang berlangsung di Learning Centre United Tractor, di Jakarta, Kamis (3/11/2011)

Eddhie menjelaskan, sejak visi perusahaan dideklarasikan lantas kemudian diikuti dengan sosialiasai nilai-nilai seperti Serve, Organized, Leading, Uniqueness, Totality, Innovative, Open-Minded, Networking atau lebih dikenal dengan SOLUTION. “Langkah ini secara terus menerus ditanamkan pihak manajemen agar menjadi internalisasi dalam setiap karyawan kami,” tambahnya.

Masih menurut Eddhie, ada beberapa tahapan dalam mewujudkan SOLUTION. “Program ini dimulai dengan kick-off, pengenalan dan pemahaman terhadap nilai SOLUTION pada 2009, kemudian proses internalisasi dan implementasi pada 2010 kemarin, dan tahun ini hingga tahun depan masuk ke tahapan externalisasi dan meneguhkan komitmen dalam melaksanakan SOLUTION di setiap setiap insan UT,” tegasnya.

Tak lupa Eddhie menjelaskan bahwa sebelumnya  di UT sudah ada 4 nilai yangsampai saat ini tetap dipegang teguh, yakni CATUR DARMA, yaitu pertama menjadi asset  negara, kedua memberikan service terbaik untuk  customer, ketiga saling menghargai sesama individu dan bekerja sama, serta yang keempat secara berkesinambungan berjuang untuk meraih kesempurnaan.

Selama kurun waktu dua tahun sejak diterapkannya program corporate value ini, lanjut Eddhie, telah terlihat perubahan yang signifikan dalam hal produktifitas karyawan. “Hal ini berdampak pada raihan omset yang kami peroleh,” katanya lagi sambil merinci pendapatan UT di semester pertama tahun ini tercatat naik 42% dibanding periode yang sama 2010.

Sementara itu Indrawan Nugroho, Direktur KUBIK training yang bertindak sebagai host juga memiliki pandangan sama. “Sudah menjadi keharusan, setiap perusahaan memiliki nilai-nilai positif agar dapat bersaing dan terus tumbuh meraih visi perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, perlu treatment berkesinambungan agar motivasi dan semangat karyawan tetap terjaga sampai nilai-nilai tersebut benar-benar terinternalisasi. Jika tidak ada nilai-nilai positif, perusahaan dapat dikatakan jalan di tempat,” katanya di hadapan para audience yang mayoritas adalah praktisi HR.

 

Tags: ,