Terlalu Banyak Duduk Sebabkan Gangguan Otot

Menghabiskan waktu di kantor dengan duduk di depan komputer mungkin hal biasa yang dilakukan oleh Anda. Kelelahan pada mata karena radiasi komputer adalah salah satu akibat dari terlalu lama di depan komputer. Namun tahukah Anda? Jika Anda terlalu lama duduk di depan komputer tidak hanya mata Anda saja yang kelelahan namun juga otot Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Leeds Metropolitan University, hal ini disebabkan bukan karena terlalu lama mempergunakan komputer, namun karena cara duduk yang tidak benar atau kursi yang Anda pergunakan tidak ergonomis.

Penelitian ini juga menemukan bahwa cara duduk di meja kerja yang tidak benar dapat mengarahkan pada tidak hanya gangguan musculoskeletal namun juga permasalahan kesehatan mental. Cukup berbahaya ya?

Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa hampir 80% pekerja terdiagnosis gangguan ini karena tidak duduk dengan posisi yang benar saat bekerja di depan komputer. Menurut responden yang mereka temukan, sebanyak 4.664 orang, pekerja menghabiskan setidaknya 6,5 jam dalam satu harinya untuk duduk di depan komputer.

Baca juga: Kesehatan Karyawan adalah Hal Penting di China

Menurut Miranda Thew, dosen senior okupasi sains dan terapi di Leeds Metropolitan University, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kesehatan mental dan sakit kronis. Di mana sakit kronis ini disebabkan oleh permasalahan muscoskeletal yang disebabkan oleh kursi yang tidak ergonomis.

Studi ini juga menemukan beberapa hal lain, yaitu:

– Kesehatan dan kesejahteraan pekerja dalam jangka panjang akan semakin memburuk karena mereka terlalu banyak duduk pada kursi kerja yang tidak ergonomis.

– Sebanyak 18% pekerja terdiagnosis depresi selama tiga tahun terakhir (baik yang dikategorikan depresi minor ataupun serius) dikarenakan penyakit terkait duduk terlalu lama.

– Lebih dari separuh responden (53%) yang menderita penyakit ini, hal ini kemudian mempengaruhi hubungan mereka dalam bersosialiasi (21%). Beberapa diantaranya (13%) tidak kesulitan untuk bersosialisasi karena menderita penyakit ini.

Menurut Thew, kondisi ini akan semakin meningkat dikarenakan kondisi tempat kerja yang tidak ergonomis. Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari sekedar sakit otot sampai sakit kronis atau carpal tunnel syndrome, cedera otot, ketegangan pada mata, sakit kepala dan kelelahan kronis. Kondisi ini dapat mengarahkan pada berkurangnya kualitas hidup seseorang, selain itu dapat mengurangi kapasitas seseorang untuk bekerja dengan baik.

Baca juga: Alasan Mengapa HR Harus Memperhatikan Kesehatan Karyawan

Tags: ,