Seperti Apa Bekerja di Masa Depan?

LyndaGratton

Dalam beberapa tahun terakhir ini, begitu banyak perubahan terjadi dalam hidup kita yang terutama didorong oleh perkembangan teknologi. Tidak ada lagi kepastian seperti di masa lalu; masa kini ditandai dengan ambiguitas. Bagaimana semua ini mempengaruhi cara kita bekerja? Seperti apa bekerja di masa depan?

Lynda Gratton, Profesor Manajemen di London Business School mengadakan penelitian untuk memahami dan memprediksikan masa depan pekerjaan. Penelitian itu melibatkan 200 eksekutif dan 21 perusahaan global.

Dalam studi itu Lynda mengidentifikasikan 5 kekuatan besar yang akan secara dominan mempengaruhi cara kita bekerja pada tahun 2025. Lima kekuatan besar itu adalah:

1. Perkembangan teknologi

2. Globalisasi

3. Perubahan demografi

4. Tren di masyarakat

5. Penggunaan energi rendah karbon

Terdorong oleh kelima kekuatan di atas, Lynda meramalkan pekerjaan di masa depan akan mengalami pergeseran. Pergeseran ini penting agar seseorang dapat berhasil di masa depan.

Ketiga pergeseran yang ditulis dalam buku terbaru Lynda “The Shift, The Future of Work is Already Here” adalah:

1. Pergeseran ke arah penguasaan (mastery)

Lynda menasihatkan agar sebaiknya kita menguasai suatu keahlian yang spesifik dibanding menguasai banyak hal (menjadi seorang generalist). Kuasailah sesuatu secara mendalam karena di masa depan kita akan semakin membutuhkan diferensiasi di antara kerumunan.

2. Pergeseran ke arah konektivitas (connectivity)

Inilah yang menurut Lynda merupakan paradox masa depan dimana di masa depan untuk sukses dibutuhkan diferensiasi dari kerumunan, pada saat yang sama juga harus menjadi bagian dari sebuah kerumunan. Jadi, kita perlu menonjol dalam hal penguasaan suatu skill tapi juga perlu menjadi bagian dari kerumunan orang-orang yang sama yang akan meningkatkan nilai kita.

3. Pergeseran ke arah kualitas pengalaman

Menurut Lynda, kita semua akan semakin serius memikirkan kehidupan pekerjaan seperti apa yang kita inginkan. Sudah tidak zaman lagi orang bekerja untuk mendapatkan uang untuk membeli kebahagiaan. Akan semakin banyak orang yang memilih pekerjaan yang membuat mereka bahagia dan menciptakan pengalaman yang lebih berkualitas baginya.

Selain pada tingkat individu, pergeseran juga akan terjadi pada tingkat organisasi. Menurut Lynda, 5 perubahan yang akan terjadi pada organisasi adalah:

1. Kepemimpinan yang lebih transparan dan otentik

2. Tim virtual yang berkinerja tinggi

3. Meningkatkan nilai dengan jejaring dan hubungan antar-bisnis

4. Meningkatkan nilai dengan jejaring dengan mitra bisnis, konsumen, dan pengusaha

5. Jam kerja yang fleksibel

Lynda Gratton hadir di Singapore Human Capital Summit 28-29 September yang lalu untuk mempertanyakan seberapa siap organisasi kita menghadapi masa depan.

Setelah membaca ulasan di atas, silakan menjawab masing-masing, seberapa “future proof” kita atau organisasi kita?

(foto diambil dari LyndaGratton.com)

Tags: ,